• Berita Terkini

    Wednesday, June 29, 2016

    Kebumen Siap Sambut Pemudik

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kebumen siap sambut pemudik. Kesiapan itu terungkap pada Rapat Koordinasi Ekonomi Keuangan dan Industri Daerah (Ekuinda) dalam rangka persiapan pelayanan masyarakat menjelang Idul Fitri 1437 hijriah. Rakor tersebut digelar di Ruang Jatijajar Komplek Pendopo Bupati Kebumen, kemarin.

    Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, Ketua DPRD Cipto Waluyo Sekretaris Daerah Adi Pandoyo, Kapolres Kebumen AKBP Alpen SH SIK MH dan sejumlah unsur forum pimpinan daerah lainnya.

    AKBP Alphen mengatakan pada musim lebaran tahun ini, untuk pertama kalinya Mabes Polri akan menempatkan Pos Cek Poin di Kabupaten Kebumen. Penempatan pos tersebut setelah disurvei oleh Korlantar Mabes Polri belum lama ini.  Pos Cek Point ini nantinya akan ditempatkan halaman rumah makan Lestari Karanganyar.

    Ia menjelaskan, pos ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan bagi para pemudik yang telah menempuh jarak 300 kilometer atau telah menempuh 3 jam perjalanan. "Mereka diwajibkan beristirahat ketika melintas di pos Cek Point untuk mengurangi angka kecelakaan,” kata AKBP Alphen, pada paparannya.

    Secara keseluruhan, jalur utama ataupun alternatif yang nantinya akan digunakan sebagai jalur mudik sebagian sudah siap, namun masih ada beberapa ruas yang masih dalam perbaikan,” tambah Kapolres.

    Masih kata Kapolres, operasi Ramadania lebaran tahun ini pihaknya akan menyiapkan 12 pos pam, 10 sub pos pam dan 1 pos cek point. “Tidak hanya fokus pada pengaman arus mudik. Objek wisata pun akan tetap kami gelar personel untuk melakukan pengamanan di tempat tersebut,” tutup Kapolres.

    Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kebumen Waluyo Tri Nugroho, menjelaskan, untuk memudahkan pemudik, pihaknya akan menyiapkan 1.413 angkutan. Angkutan tersebut terdiri dari bis AKAP berkapasitas 24-55 tempat duduk sebanyak 187 kendaraan, AKAP 16-28 tempat duduk sebanyak 273 kendaraan, bus pariwisata 24-60 tempat duduk sebanyak 226 kendaraan, angkudes dengan kapasitas 12-16 seat sebanyak 713 kendaraan dan angkutan antar jemput (travel) 14 tempat duduk sebanyak 19 kendaraan.

    Selain itu, sejumlah jalur alternatif juga telah disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan. Adapun rute jalur alternatif tersebut yakni simpang tiga Sangkalputung Gombong, ke selatan melewati Buayan, Kuwarasan, simpang tiga Polsek Puring hingga masuk Jaringan Jalan Lintas Selatan (JJLS) untuk sampai ke Purworejo atau Yogyakarta. JJLS juga bisa dicapai melalui Simpang Tiga Guyangan, ke selatan melalui Adimulyo dan Petanahan.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top