• Berita Terkini

    Thursday, June 9, 2016

    HUT ke-45, Bank Kebumen Nandur Mangrove

    istimewa/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Memperingati HUT ke-45, PD BPR Bank Kebumen menanam sedikitnya 1.500 batang bibit mangrove di kawasan muara Sungai Bodo di Desa/kecamatan Ayah, belum lama ini.

    Direktur Utama PD BPR Bank Kebumen, Amba Priyanto, mengatakan penanaman mangrove tersebut atas kerjasama dengan Kelompok Peduli Lingkungan Pantai Selatan (KPL Pansela).

    "Pada tahap awal karena keterbatasan lahan siap tanam hanya berhasil ditanam seribuan lebih tanaman mangrove," kata Amba Priyanto, kepada Kebumen Ekspres, Rabu (8/6/2016).

    Amba Priyanto, menjelaskan pihaknya sengaja ikut menanam mangrove pada HUT ke-45 PD BPR Bank Kebumen, sebagai bentuk perhatian terhadap lingkungan. Terlebih, tanaman mangrove memiliki peran penting di kawasan pesisir pantai.

    "Selain itu, kalau sudah menjadi hutan. Mangrove juga menjadi obyek wisata edukasi bagi masyarakat," ujarnya, kemarin.

    Secara simbolis penanaman tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Yazid Mahfudz, Sekda Adi Pandoyo, Dewan Pengawas dan Direksi PD BPR Bank Kebumen.

    Sementara itu, PD BPR Bank Kebumen telah berdedikasi melayani masyarakat Kabupaten Kebumen sejak 1971 lalu. Sejak pertama kali berdiri, PD BPR yang sahamnya dimiliki seratus persen oleh Pemkab Kebumen itu telah beberapa kali berganti nama.

    Berdiri dengan menyandang nama PD BPR Bank Pasar, kemudia diera Bupati Buyar Winarso pada 2011 lalu berganti nama menjadi PD BPR Kebumen. Selanjutnya, sejak 21 April 2016 BPR yang memiliki sebutan Bank Kebumen itu kembali berganti nama menjadi PD BPR Bank Kebumen.

    "Berubahnya nama itu mendasari pada peraturan daerah yang ada," terang Dirut, asal Kota Salatiga ini.

    Amba menambahkan, diawal berdirinya BPR yang berkantor pusat di Jalan Kusuma Nomor 59 Kebumen, ini hanya melayani PNS di Kabupaten Kebumen. Namun, saat ini nasabahnya justru didominasi oleh pelaku UMKM.

    "Perbandingan saat ini 55 persen dari UMKM dan 45 persennya nasabah dari PNS," imbuhnya.  

    Saat ini Bank Kebumen telah memiliki satu Kantor Cabang Pembantu, dan tujuh Kantor Kas. Yaitu Kantor Cabang Pembantu Gombong, Kantor Kas Prembun, Kutowinangun, Alian, Pasar Tumenggungan, Petanahan, Karanganyar dan Ayah.

    "Kami ingin lebih berperan dengan membantu pelaku usaha kecil terutama dalam penyalurah kredit," tegasnya.

    Tahun ini, Bank Kebumen ditarget untuk membukukan laba sebesar Rp 2,5 miliar. Bank milik Pemkab Kebumen yang tahun ini akan melengkapi dengan fasilitas ATM, hingga akhir Mei lalu telah menyalurkan kredit sebesar Rp 73,8 miliar. Sedangkan dana pihak ketiga yang dikelola Bank Kebumen mencapai Rp 69,8 miliar.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top