• Berita Terkini

    Friday, June 24, 2016

    Dishubkominfo Siap Lancarkan Arus Mudik

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kebumen, siap melancarkan arus mudik pada lebaran 2016 ini. Dishubkominfo mempersiapkan 93 personil yang khusus ditugaskan untuk menangani kegiatan arus mudik.

    Dari jumlah tersebut, 21 personil akan ditugaskan di sekretariat Dishubkominfo, 25 personil ditugaskan di Terminal Bus Kebumen dan 24 personil di Terminal Bus Gombong. Selain itu 4 personil akan ditempatkan di Press Center (Posko Terpadu) Pemkab Kebumen dan 15 personil lainnya akan ditugaskan pada Posko Mobilling/Patroli, untuk melaksanakan kegiatan di ceck point, traffic counting pemeriksaan kelaikan dan pengawasan angkutan umum dan mudik gratis.

    Hal ini disampaikan oleh Kepala Dishubkominfo Kebumen Drs H Nugroho Triwaluyo melalui Kabid Lalu Lintas Drs Masijanto saat jumpa Pers di Pers Center Kebumen, Kamis (23/6/2016).

    Dijelaskannya, pada lebaran kali ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga menyelenggarakan mudik gratis dengan menyediakan 178 unit bus, yang merupakan bantuan partisipasi Bupati dan Wali Kota 50 unit.

    Dari BPD Jateng 47 bus dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sendiri 81 bus. Kapasitas bus harus ber AC, dengan jumlah masing-masing 54 seat. Bus Akan diberangkatkan dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada tanggal 30 Juni mendatang oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan dihadiri perwakilan sponsor. “Kabupaten Kebumen mengirimkan dua bus AC yaitu PO. Sari Gede Putra Bangsa Kebumen,” terangnya didampingi Kasi Wasdalop Sukirman SE.

    Lebih lanjut dijelaskan, mudik gratis Pemprov Jateng bukan hanya bus saja, melainkan juga menggunakan Kereta Api (KA), yang akan diberangkatkan pada tanggal 2 Juli 2016. Adapun tujuan kereta tersebut yakni, Pasar Senen-Semarang menggunakan KA Menoreh berangkat pukul 07.15 WIB dengan 608 seat. Jurusan Pasar Senen-Purworejo dengan KA Gajah Wong berangkat pukul 06.15 WIB dengan menyediakan 720 seat, dan jurusan Pasar Senen–Solo dengan KA Jaka Tingkir berangkat pukul 12.30 WIB dengan menyediakan 608 seat.

    “Mudik gratis Kementerian Perhubungan RI dengan tujuan Kabupaten Kebumen, dengan 37 bus untuk mengangkut 1.680 akan diberangkatkan pada tanggal 2 Juli 2016, sedangkan 17 truk untuk mengangkut 840 sepeda motor akan diberangkatkan pada tanggal 1 Juli 2016,” paparnya, sembari menambahkan mudik gratis Provinsi Banten dengan tujuan Kebumen, yaitu tiga bus dengan mengangkut penumpang sebanyak 150 orang. Itu akan berangkat dari Serang pada tanggal 1 Juli 2016.
    Dikatakan Drs Masijanto, selain oleh pemerintah masih banyak lagi mudik gratis yang dilaksanaan oleh sponsor swasta yang tidak terpantau oleh Dishubkominfo Kabupaten Kebumen. “Selain itu Dishubkominfo Kebumen juga memasang berbagai rambu-rambu jalan, mensurvai jalur utama dan alternatif serta berkoordinasi dengan terminal bus untuk mendirikan posko-posko,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top