• Berita Terkini

    Monday, May 30, 2016

    Tari Muthon Semarakan HUT LKP Pipit Mega Taylor

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Peringatan HUT ke 15 Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Pipit Mega Taylor yang beralamat di Desa/Kecamatan Karangayam, disemarakan dengan pagelaran tari Muthon oleh Group Kuda Lumping Sudi Waluyo dari Desa Karangkemiri Kacamatan Karangayar, Minggu (29/5/2016).

    Tari Muthon  merupakan sebuah tari yang menggambarkan tentang kegiatan masyarakat Jawa di masa lampau. Para penari membawa berbagai peralatan dapur, seperti irus, mutu, kipas bersar (kipas angi), centong, cobek dan lain sebagainya. “Tarian ini sudah jarang dimainkan saat pelaksanaan pegelaran kuda lumping,” tutur sesepuh Satio Kuda Lumping Sudi Waluyo.

    Dalam peringatan HUT LKP Pipit Mega Taylor itu, sekaligus juga untuk memperingati HUT Himpunan Lembaga Latihan Seluruh Indonesia (DPC HILLSI) Kabupaten Kebumen Ke 34. Peringatan diramaikan dengan pagelaran pentas kuda lumping sehari semalam. Masyarakat pun terlihat antusias dalam menyaksikan hiburan yang mengandung nilai mistis tersebut.

    Pimpinan LKP Pipit Mega Taylor Pipit Sutiyah mengatakan, kini usia LKP Pipit Mega Taylot sudah menginjak 15 tahun. Ibarat manusia umur tersebut, usia 15 tahun merupakan masa awal remaja. Dimana masa itu adalah masa keemasan untuk berkarya. Maka dari itu dengan adanya peringatan tersebut, diharapkan akan meningkatkan rasa semangat para pengurus LKP Pipit Mega Taylor untuk selalu membarikan pelayanan kepada masyarakat. “Semoga LKP Pipit Mega Taylor akan selalu bermanfaat untuk masyarakat,” katanya yang juga merupakan Ketua DPC HILLSI Kebumen, disela-sela mempersilahkan para tamu undangan.

    Menurutnya, pagelaran  seni kuda lumping dilaksanakan guna  menguri-uri Seni dan Budaya Jawa. Kuda lumping merupakan kesenian adat Jawa. Kesenian tersebut menggambarkan tentang gagahnya para pengawal kerajaan dalam berkuda untuk perang. Dalam kesenian kuda lumping juga menceritakan, tentang kegiatan Masyarakat Jawa tempo dulu. Diantaranya menunai padi, menumbuk padi dan lain sebagainya. Semua itu digambarkan dalam tari Muthon. “Ini juga merupakan syukuran karena LKP Pipit Mega Taylor berhasil mendapatkan kinerja B dari yang sebelumnya terkinerja C,” tambahnya.

    Dalam kesempatan tersebut, berbagai ucapan selamat ulang tahun, juga disampaikan oleh para pimpinan LKP di wilayah Kebumen. Salah satunya pimpinan LKP ENY’S H Sodiman. Dia berharap momen peringatan ulang tahun dapat meningkatkan semangat bersama untuk  meningkatkan kualitas LKP di Kabupaten Kebumen. “Selamat dan semoga LKP selalu berjaya,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top