• Berita Terkini

    Tuesday, May 31, 2016

    Tampung Aspirasi Masyarakat Soal Jalan, DPU Buka Layanan Lewat Website

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Dalam rangka menampung aspirasi masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Kebumen membuka layanan rembuk jalan lewat website. Layanan tersebut disosialisasikan di aula kantor DPU lantai dua dengan menghadirkan camat Se-Kebumen, Selasa (31/5/2016).

    Hadir Wakil Ketua  DPRD Kabupaten Kebumen Miftahul Ulum, Ketua DPU Kabupaten Kebumen Slamet Mustolkhah, Kabid Bina Marga pada DPU Kabupaten Kebumen Haryono Wahyudi, dan Kabid Inforkomtel pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kebumen Kinanto.

    Kepala DPU Kabupaten Kebumen Slamet Mustolkhah mengatakan, layanan yang bisa dibuka lewat website sibima.kebumenkab.go.id itu bernama rembuk masyarakat tentang jalan (Remaja). "Seperti kita ketahui, masyarakat sekarang ini sudah banyak yang melek internet, sehingga kami pun mengimbanginya dalam rangka pengendalian penyelenggaraan jalan berbasis website," katanya.

    Sementara jalan kabupaten yang ditangani DPU, lanjut Slamet, begitu banyak mencapai 270 ruas dengan panjang 975 kilometer. Dan untuk mengawasi secara langsung terkait kondisi serta pekerjaan yang dilaksanakan pada saat yang bersamaan pun jelas kerepotan. Untuk itu penting adanya layanan Remaja. "Ini sekaligus menampung masukan terkait jalan. Selanjutnya akan kami respons dan tangani dengan segera," imbuh Slamet.

    Ditambahkan oleh Kabid Bina Marga Haryono Wahyudi, dalam memberikan masukan terkait kondisi jalan di Kebumen memang sudah sering dilakukan melalui media sosial seperti facebook. Namun untuk menindaklanjutinya mengalami kesulitan terkait identitas dan lokasi yang dilaporkan. Pasalnya, seringkali identitas dan fotonya tidak asli. Sementara DPU yang tengah mengecek kondisi sebenarnya justru dianggap lamban merespons. Sehingga setelah dilaksanakan focus group discusion (FGD) diusulkan agar dibuat layanan rembuk jalan berbasis website.

    Dalam website tersebut juga terdapat progress pengendalian pekerjaan per hari dan per minggu, sehingga jika terlambat melaksanakannya sudah ada teguran dan suratnya dapat diprint.

    Di samping itu, web site itu tersambung (link) dengan sistem dari Bappeda. Dan ketika ingin melihat video jalan pun ada linknya sendiri. "Ini awal dari DPU dalam rangka menampung aspirasi masyarakat Kebumen. Kalau mendapat respons baik dari masyarakat. Jangka panjangnya akan dibuka layanan mobile berbasis android yang tidak hanya terkait jalan saja, tetapi juga lainnya," imbuh Yudi, panggilan akrab Haryono Wahyudi.  (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top