• Berita Terkini

    Sunday, May 22, 2016

    RMT Bincang Sehat “Kesehatan Gigi”

    ALONA FOR EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Rumah Marta Tilaar (RMT) Gombong menggelar bincang sehat yang khusus membahas tentang kesehatan gigi, baru-baru ini. Kegiatan yang dilaksanakan bersama PKU Muhammadiyah Gombong, diikuti oleh 50 orang peserta.

    Lebih dari 90 persen materi yang masuk ke tubuh manusia dilakukan melalui mulut, maka penting sekali menjaga kesehatan mulut. Masalah mengenai gigi hampir ditemui pada tiap orang.  Biasanya dapat berupa karies atau proses gigi berlubang, kalkulus / karang gigi, maupun peradangan.

    Gigi yang berlubang adalah masalah yang cukup serius. Pada gigi yang berlubang banyak terdapat bakteri yang dapat menyebabkan sakit gigi.  Sakit gigi adalah rasa nyeri yang dirasakan pada gigi. “Gigi berlubang pada anak-anak dan dewasa pun memiliki perbedaan dari fisiknya,” tutur Dokter gigi Elisa Veronika Purnama Dewi Sp KG yang saat itu menjadi nara sumber.

    Dokter spesialis konservasi gigi yang lahir di Yogyakarta  ini menjelaskan, apabila pada orang dewasa, lubang tidak terlalu terlihat. Tapi bagian dalam mengalami kerusakan yang lebih besar atau kerowak. Sedangkan Pada anak- anak justru terjadi sebaliknya. Dari luar terlihat besar, tapi bawahnya kecil. “Itu membuat anak-anak tidak merasakan, bahwa gigi mereka sedang dalam masalah. Namun sebenarnya hal ini tidak bisa dianggap remeh. Sebisa mungkin  memeriksakan gigi dilakukan setiap 6 bulan sekali,” paparnya.

    Cek gigi secara rutin lanjutnya, bermanfaat untuk mendeteksi dini kemungkinan terjadinya masalah gigi dan gusi dalam tahap awal. Jika terindikasi ada masalah maka dokter gigi dapat  segera melakukan penanganan. Ini agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Deteksi dini juga penting untuk mengamati kemungkinan munculnya penyakit serius pada rongga mulut, termasuk penyakit kanker. “Ini juga untuk melatih diri agar tidak trauma dengan penanganan masalah gigi,” katanya.

    Tidak hanya itu saja, kebersihan mulut merupakan salah satu faktor utama dalam menjaga kesehatan gigi. Maka dari itu perlu adanya upaya untuk melaksanakan kebersihan rongga mulut dan lidah dari semua kotoran/sisa makanan. Kebersihan gigi dan mulut yang buruk tidak hanya menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi dan radang gusi saja, tetapi juga berpengaruh terhadap kesehatan yang lainnya, seperti  sakit kepala, atau bahkan jantung. “Cara paling sederhana adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari yakni setelah sarapan dan sebelum tidur,” ucapnya, sembari menambahkan saat mulut terasa kering, bau, bibir pecah- pecah ataupun gusi berdarah, maka saat itulah sebenarnya gigi sedang bermasalah. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top