• Berita Terkini

    Saturday, May 14, 2016

    PT KAI Siapkan 11 KA Tambahan Lebaran

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa angkutan lebaran 2016, PT KAI akan mengoperasikan 11 kereta api tambahan lebaran di lintas selatan. KA tambahan lebaran tersebut terdiri dari delapan KA tambahan lebaran pergi pulang jurusan Jakarta, dan tiga KA tambahan pergi pulang tujuan Bandung.

    Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono, menyatakan KA tambahan lebaran jurusan Jakarta meliputi KA Argo Dwipangga Tambahan, KA Argo Lawu Tambahan, KA Gajayana Lebaran, KA Taksaka Lebaran 1, KA Taksaka Lebaran 2, KA Purwojaya Lebaran, KA Kutojaya Tambahan, dan KA Kutojaya Lebaran.

    Sedangkan KA tambahan lebaran jurusan Bandung terdiri dari KA Lodaya Lebaran, KA Pasundan Lebaran dan KA Kutojaya Selatan Lebaran. "Jumlah KA Tambahan Lebaran yang dioperasikan tahun ini meningkat jika dibandingkan lebaran tahun lalu yang hanya ada sembilan KA Tambahan Lebaran," kata Surono, kepada Kebumen Ekspres, Selasa (10/5/2016).

    Surono menjelaskan, dari 11 KA tambahan lebaran yang akan dijalankan di lintas selatan tersebut empat KA  berasal dari Daop 5 Purwokerto. Masing-masing KA Purwojaya Lebaran jurusan Cilacap-Gambir, KA Kutojaya Utara Tambahan dan KA Kutojaya Utara Lebaran jurusan Kutoarjo-Pasarsenen serta KA Kutojaya Selatan Lebaran jurusan Kutoarjo-Kiaracondong.

    KA Purwojaya Lebaran akan berangkat pukul 06.30 pagi dari Cilacap ke Gambir. Sedangkan dari Kutoarjo ada tiga pemberangkatan KA Tambahan Lebaran. Masing-masing KA Kutojaya Utara Lebaran pemberangkatan pukul 10.50, KA Kutojaya Utara Tambahan pemberangkatan pukul 21.20 menuju Pasarsenen, dan KA Kutojaya Selatan Lebaran pemberangkatan pukul 08.15 jurusan Kiaracondong.

    Lebih jauh, KA Kutojaya Utara dan Kutojaya Selatan Tambahan Lebaran akan dioperasikan mulai tanggal 24 Juni-17 Juli 2016. Sedangkan KA Argo Lawu Lebaran, Argo Dwipangga Lebaran, Gajayana Lebaran, Taksaka Lebaran, Purwojaya Lebaran dan Lodaya Lebaran akan dijalankan tanggal 28 Juni-17 Juli 2016. Sementara untuk KA Pasundan Lebaran dioperasikan tanggal 29 Juni-14 Juli 2016.

    Ia menambahkan, tiket untuk semua KA Tambahan Lebaran tersebut sudah dibuka penjualannya sejak tanggal 30 Mei 2016 lalu. Pembelian tiket KA Tambahan Lebaran dapat dilakukan melalui channel internal (loket online) dan semua channel eksternal, sama seperti tiket KA reguler.

    Dengan pengoperasian 11 KA Tambahan Lebaran di lintas selatan tersebut total ada penambahan kapasitas sebanyak 11.340 seat per harinya. "Terdiri dari 7.916 seat dari dan ke arah Jakarta dan 3.424 seat dari dan kearah Bandung," imbuhnya.

    Berdasarkan pantauan Rail Ticket System (RTS) hari Selasa (10/5) pukul 11.00 WIB, tiket mudik lebaran yang sudah terjual habis adalah keberangkatan H-6 (30/6) sampai dengan H-1 (5/7) dari Jakarta ke kota- kota di Jateng, DIY dan Jatim. Sedangkan dari Bandung untuk tujuan yang sama yang sudah habis keberangkatan H-5 (1/7) sampai dengan H-2 (4/7).

    Sementara untuk tiket arus balik lebaran tujuan Jakarta yang sudah terjual habis adalah keberangkatan H+3 (10/7) sampai dengan H+5 (12/7). Untuk tujuan Bandung tiket keberangkatan H+3 (10/7) dan H+4 (11/7) juga sudah habis terjual. Data ketersediaan tiket lebaran tersebut meliputi tiket KA reguler dan semua KA Tambahan Lebaran yang akan dioperasikan.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top