• Berita Terkini

    Wednesday, May 18, 2016

    MAN Gombong Gelar Lomba Kerajinan Limbah

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Mengubah sampah menjadi produk bernilai tinggi rupanya sudah menjadi tren, baik itu untuk mewujudkan kebersihan dan kesehatan. Dengan sedikit sentuhan seni dan kreatifitas, selain didaur sampah, ternyata dapat menjadi pruduk yang mempunyai nilai jual dan manfaat yang sangat tinggi.

    Salah satunya yang dilakukan oleh,  Alivia kelas VII SMP, saat mengikuti lomba kerajinan limbah di MAN Gombong. Dengan merangkai sekitar 450 tutup botol minuman kemasan, Alivia mampu membuat tempat sampah lengkap dengan tutupnya. Sementara itu peserta lainnya ada yang membuat keset dan miniatur bedug yang juga menggunakan bahan dari limbah. “Ini dirangkai menggunakan tali plastik (tali body),” tuturnya, kepada Ekspres, Minggu (15/5/2016).

    Beberapa lomba untuk meningkatkan kreatifitas dan menyalurkan minat bakat memang dilaksanakan oleh MAN Gombong selama dua hari Sabtu-Minggu (14-15/5). Adapun beberapa lomba yang dilaksanakan, dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan menyambut Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tersebut diantaranya, festival band religi antar pelajar SLTP/SLTA, Volly Putra dan Putri, Lomba Poster tema pendidikan, dan kontes dai.

    Selain itu, madrasah yang beralamat di Jalan Karangbolong Km 10 juga menggelar lomba English Speech Contes, Kerajinan limbah, Peragaan Busana,  pameran lukisan, bazar dan lain sebagainya.

    Kepala MAN Gombong   Drs Darmawan MSI melalui Waka Kesiswaan Yuhana SAg mengatakan, kegiatan yang diikuti oleh sekitar 200 peserta tersebut, rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Umumnya kegiatan lomba dilaksanakan pada peringatan HUT MAN Gombong yang jatuh pada tanggal 1 Maret. “ Ini juga untuk menyosialisasikan MAN Gombong kepada masyarakat,” tuturnya, didampingi pembina Osis Asmara Wijaya SPd.

    Dijelaskannya, pada kegiatan bazar dan pasar bebas murah tersebut, juga menampilkan berbagai karya siswa. Masyarakat sekitar MAN juga dapat belanja dengan murah pada kegiatan bazar. Dalam kesempatan tersebut Asmara Wijaya berharap peringatan Hardiknas dan Harkitnas akan meningkatkan prestasi para siswa, baik akedemik maupun non akademik. “Saat ini Indonesia telah memasuki Masa Masyarakat Ekonomi Asian (MEA), maka kita harus lebih baik untuk dapat bersaing dengan bangsa lain,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top