• Berita Terkini

    Tuesday, May 3, 2016

    HARPI Telusuri Pakaian Adat Kebumen

    IMAM/ESKPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Setelah sukses menampilkan ciri khas busana pengantin Kebumen bernama "Lawet Emas Rinonce", Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati Kebumen kini tengah menelusuri pakaian adat khas kabupaten berslogan Beriman ini.

    "Kami akan membantu Pemkab dalam mewujudkan pakaian adat Kebumen, karena kemungkinan sejak dulu sudah ada," kata Ketua HARPI Melati Kebumen Sri Yuli Astuti Faqih usai dilantik di pendapa rumah dinas bupati, Sabtu (30/4/2016).

    Penelusuran pakaian khas akan dilakukan sejak masa bupati pertama Badranala (1642 – 1657). Di mana pada saat itu pusat pemerintahan Kebumen masih di Panjer Roma yang kini dijadikan Makodim 0709 Kebumen. Untuk itu, penelusuran pakaian adat Kebumen nantinya akan melibatkan berbagai pihak. Terutama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Termasuk Kodim 0709 Kebumen.

    Dengan penelusuran tersebut, lanjut Sri Yuli, diharapkan dapat diketahui pakaian adat Kebumen yang sebenarnya seperti apa. Sri Yuli yang juga pengusaha genting merk KHM Sokka itu pun berharap segera terwujud. Bahkan diharapkan busana pengantin Lawet Emas Rinonce yang sudah dikukuhkan dapat digunakan pada setiap ada acara pernikahan di Kebumen. "Jadi tidak menggunakan pakaian yang lain karena di Kebumen sendiri kini, sudah memiliki ciri khas sendiri," kata ibu empat anak asal Yogyakarta yang bertempat tinggal Desa Kedawung, Kecamatan Pejagoan itu.

    Dalam kesempatan itu Sri Yuli meminta pengurus HARPI Melati Kebumen terjun ke ranting-ranting di tingkat kecamatan. Saat ini baru ada 10 ranting dan baru 5 ranting yang aktif dari 26 kecamatan yang ada di Kebumen. "Kami menginginkan seluruh kecamatan ada ranting dan semuanya aktif," imbuh Sri Yuli.

    Sri Yuli Astuti yang menjabat Ketua HARPI Melati Kebumen periode 2016 - 2020 itu menggantikan Sri Maryatni setelah dilaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) HARPI Melati Kebumen pada 15 Maret silam. Sri Yuli mendapatkan 45 suara, Sri Maryatni 14 suara, Akromah 7 suara, dan Rila Martini 1 suara."Ada sebanyak 70 perias pengantin yang hadir dalam acara tersebut dan diundang kembali untuk mengikuti pelantikan," katanya.

    Ketua Panitia Ny Tumpuk Sutriyono mengatakan, pelantikan pengurus HARPI Melati kali ini sekaligus ulang tahun ke-36. Pelantikan pengurus dilakukan oleh Wakil Ketua DPD HARPI Jateng Ny Sutrisno. Hadir pembina HARPI Melati Kebumen Lilis Yahya Fuad, Ketua DPRD Kebumen Cipto Waluyo beserta istrinya Ristawati, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kebumen Hery Setyanto dan perwakilan dari Dikpora Murni Suroso. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top