• Berita Terkini

    Friday, May 20, 2016

    Gedung DPRD Baru akan Diresmikan Gubernur

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Gedung baru DPRD yang telah selesai pembangunannya sejak akhir Desember 2015 lalu, akhirnya mulai ditempati. Secara resmi gedung yang cukup mewah itu bakal diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sabtu (21/5/2016).

    Hal itu dikatakan Sekretaris DPRD Kebumen, HA Dwi Budi Satrio, pada rapat panitia pengelola kegiatan penyebarluasan informasi penyelenggara pemerintah daerah sekretariat DPRD, kemarin.
    Menurut Budi Satrio, sejak sepekan terakhir kantor DPRD telah menempati gedung baru di Jalan Pahlawan Nomor 175 Kebumen (selatan Alun Alun Kebumen). Namun, baru akan diresmikan pada Sabtu mendatang.  "Gedung berlantai dua ini dibangun dengan APBD sebesar Rp 19 miliar," kata HA Dwi Budi Satrio, saat memimpin rapat di ruang pimpinan gedung baru.

    Ia mengungkapkan, pembangunan gedung DPRD Kabupaten Kebumen, yang awal kontrak pada 29 April 2015 itu telah selesai pembangunanya sejak Desember 2015 lalu. Di dalam gedung mewah itu terdapat 29 ruangan.  "Di tahun 2016 ini ruangan yang akan di lengkapi baru ruang rapat paripurna," ujarnya.

    Adapun ruangan lain, seperti 4 buah ruang pimpinan, 4 ruang Komisi, 9 ruang fraksi, ruang rapat pimpinan. Ruang audiensi, ruang transit, perpustakaan, musholla, dan dapur masih menggunakan mebelair "warisan" gedung lama, begitupun untuk kantor Sekretariat DPRD.

    Ruang sekretaris DPRD, 4 ruang bagian, press room, gudang, ruang server, dan ruang genset pengadaan "isinya" akan dilakukan pada 2017 mendatang. Pengadaan mebelair senilai Rp 1,7 miliar yang dilaksanakan oleh PT Hardika Jaya Sentosa Semarang ini akan selesai pada 27 Mei 2016. Saat ini tim dari PT pemenang tender yang beralamat di Jalan Sinar Sentosa 382A Tembalang ini masih terus melakukan assembling mebelair di ruang rapat paripurna.

    Meski bangunannya nampak mewah, sayangnya gedung ini termasuk belum ramah bagi kaum disabilitas. Khususnya, dari lantai bawah ke lantai dua tak ada fasilitas yang memudahkan akses kaum difabel.

    Ketua DPRD Kabupaten Kebumen Cipto Waluyo mengemukakan, keberadaan gedung baru tersebut telah dikenalkan kepada masyarakat melalui kemasan lomba model beberapa waktu lalu. Rangkaian kegiatan lainnya masih disuguhkan kepada masyarakat di kabupaten berslogan Beriman ini. Diantaranya yasinan dan tahlil. Selain itu bakti sosial untuk warga sekitar berupa pembagian sembako, pentas seni dan budaya serta pagelaran wayang kulit. Pihaknya pun berharap dengan menempati gedung anyar tersebut dapat memberi semangat baru bagi anggota DPRD Kabupaten Kebumen dalam menjalankan tugas-tugas kedewanan. (mam/ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top