• Berita Terkini

    Wednesday, May 18, 2016

    164 Peserta Lolos Seleksi Beasiswa Baznas Kebumen 2016

    sudarno ahmad/dok/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 164 peserta dinyatakan lolos seleksi tertulis Beasiswa Baznas Kabupaten Kebumen 2016. Setelah dinyatakan lolos seleksi tahap awal ini, mereka diharuskan mengikuti seleksi wawancara yang dilakukan mulai hari ini, Senin (16/5) dan Kamis (19/5/2016).

    Adapun peserta yang dinyatakan lolos seleksi tertulis, meliputi 46 anak berasal dari SMP negeri, 83 SMA swasta, 6 SMP swasta. Selanjutnya, 10 peserta dari jalur mandiri, 13 peserta yang akan melanjutkan ke jenjang sarjana (S1), dan 10 peserta untuk beasiswa dakwah.

    Ketua Baznas Kabupaten Kebumen Djatmiko, menyatakan peserta yang dinyatakan lolos seleksi tahap pertama diharuskan mengikuti tes wawancara mulai hari ini, Senin (16/5) untuk peserta yang berasal dari SMP sederajat dan SMA sederajat. Sedangkan untuk peserta beasiswa dakwah diselenggarakan pada Kamis (19/5) mendatang.

    "Seleksi wawancara dilakukan di sekretariat Baznas di Komplek Gedung Haji," kata Djatmiko, kepada Kebumen Ekspres, Sabtu (14/5).

    Sebelumnya, sebanyak 647 pelajar tingkat SMP sederajat dan SMA/MA/SMK sederajat serta mahasiswa yang berprestasi dengan kategori kurang mampu mengikuti seleksi untuk mendapatkan beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kebumen.

    Para peserta seleksi beasiswa Baznas berasal dari pelajar SMP kelas 9 yang akan melanjutkan ke jenjang SMA, dan pelajar SMA/SMK kelas 10 dan 11. Setelah lulus tes tertulis, calon penerima akan mengikuti tes wawancara dan dilanjutkan survei kondisi rumah dan perekonomian keluarga.

    Dari 647 peserta yang mendaftar, 308 orang dari SMP/MTs swasta, 67 orang dari SMA/MA jurusan IPA, 88 orang dari SMA/MA jurusan IPS dan bahasa, 158 orang dari SMK/MA PK, 25 orang sarjana.

    Djatmiko menjelaskan, tahun ini alokasi beasiswa Baznas yang diberikan sebesar Rp 500 juta untuk 75-150 penerima. Jumlah itu meningkat dibandingkan tahun 2015 sebesar Rp 294 juta untuk 61 penerima. Beasiswa Baznas yang diberikan bersifat tuntas, yakni diberikan selama enam semester. Untuk pelajar SMA beasiswa diberikan Rp 6 juta, SMK mendapatkan Rp 8 juta dan strata 1 mendapatkan Rp 10 juta.

    Djatmiko menegaskan, seleksi beasiswa bagi siswa miskin berprestasi dengan tujuan membantu siswa berprestasi yang ingin melanjutkan pada jenjang SMA/sederajat atau perguruan tinggi yang mengalami kendala pembiayaan.

    "Dengan pemberian beasiswa, Baznas memberikan kesempatan pelajar dari keluarga kurang mampu yang berprestasi agar bisa menempuh mendidikan lebih tinggi,” imbuhnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top