• Berita Terkini

    Sunday, May 22, 2016

    103.333 Pelajar Kebumen Terima KIP

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 103.333 pelajar di Kabupaten Kebumen menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP), yang merupakan program unggulan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Secara simbolis kartu sakti itu diserahkan oleh Bupati Kebumen HM Yahya Fuad, kepada empat siswa penerima dalam rangkaian upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Alun-alun Kebumen, Jumat (20/5/2016).

    Empat perwakilan penerima, yakni Hani Hidayatus Solikhah (siswa SD Negeri 2 Bumirejo, Kecamatan Kebumen), Kharisma Nurul Fadilah (SMP Negeri 1 Kebumen), Devi Maolitawati (SMA Kebumen), dan Rafi Maolana (SMK Negeri Alian). "Sengaja kami bagikan secara simbolik pada Upcara Peringatan Harkitnas 2016 di sini," kata Yahya Fuad, kepada Kebumen Ekspres, usai menjadi inspektur upacara.

    Menurutnya, momen pembagian KIP pada peringatan Harkitnas kepada pelajar kurang mampu, diharapkan menjadi momen kebangkitan Kabupaten Kebumen dalam upaya pengentasan kemiskinan. Dia mengungkapkan Program KIP dari pemerintah pusat sangat bermanfaat bagi upaya Kabupaten Kebumen dalam menggerakkan seluruh aspek untuk pengentasan kemiskinan.

    Pemkab Kebumen, kata dia, juga siap meluncurkan beberapa program pengentasan kemiskinan pada awal pemerintahaannya bersama wakil Bupati Yazid Mahfud.  "Khusus untuk program kepada pelajar dari keluarga miskin, kami juga akan meluncurkan Program Angkutan Gratis kepada pelajar miskin dan tidak ada pungutan biaya apapun kepada pelajar miskin," bebernya.

    Sementara itu, perwakilan dari perusahaan pencetak KIP, PT Satria Antaran Prima (SAP) Expres Jakarta, Triaji Suryanto, mengungkapkan bahwa penerima KIP bisa mencairkan dana melalui bank.

    Untuk mencairkan dana bantuan tersebut, kata Triaji nya, pelajar harus menyertakan dengan surat pengantar dari sekolah masing-masing. "Untuk nominalnya masih nunggu jumlah pasti yang akan dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah pusat," terang Triaji.

    Untuk Kebumen, lanjutnya, sebanyak 103.333 KIP telah didisitribusikan seluruhnya tepat pada tanggal 20 Mei 2016. Sedangkan penerima KIP se Jawa Tengah sebanyak 1,980 juta siswa. KIP itu nantinya bisa digunakan oleh siswa hingga SMA atau SMK. "Bentuknya uang dan untuk pembelanjaan kebutuhan sekolah siswa penerima," tandasnya.
    Sementara itu, Hartkitnas ke-108 tahun 2016 di Kabupaten Kebumen diperingati dengan upacara bendera di Alun-alun Kebumen dan dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top