• Berita Terkini

    Thursday, April 7, 2016

    Wujudkan Mimpi UKM melalui Program Citra Kemasan

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Untuk meningkatkan daya saing produk lokal di pasar bebas ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),  produk lokal harus mempunyai standar kualitas dan kemasan (packaging). Pengemasan bahkan menjadi faktor penting yang akan menentukan kemampuan sebuah produk memenangi persaingan baik di pasar bebas ASEAN maupun global.

    Alasan itu pula yang membuat Roemah Martha Tilaar (RMT) Gombong mengadakan program Citra Kemasan. Kegiatan yang terselenggara berkat kerja sama dengan Gambaran Brand, BINUS University dan Tokopedia mengadakan program Citra Kemasan tersebut digelar di kampus BINUS Syahdan, Jakarta, Rabu pekan lalu (30/3/2016). Adapun sasaran program ini adalah sekelompok UMKM Kebumen yang selama ini mendapat pendampingan lewat program Brandstart serta sejumlah mahasiswa.

    Dalam kegiatan ini, sebanyak 15 mahasiswa serta mahasiswi yang mengikuti kegiatan tersebut mendapatkan tantangan sekaligus pengalaman baru untuk mengaplikasikan teorinya membuat packaging untuk beragam produk (UKM). Dengan packaging yang menarik secara langsung dapat meningkatkan citra produk dan menambah nilai jual.

    Ketua Yayasan Rumah Budaya Roemah Martha Tilaar (RMT), Wulan Tilaar menuturkan melalui program Citra Kemasan ingin mencoba mewujudkan mimpi para UKM yang ada di daerah dan mahasiswa yang sedang mencoba meraih mimpi. “Citra Kemasan merupakan kegiatan corporate social responsibility (CSR) dari Gambaran Brand yang mendapat respon positif dari berbagai pihak yang memiliki keinginan memajukan produk local,” tuturnya.

    Sementara RMT  lanjut Wulan, sebuah rumah peninggalan orang tua yang telah direvitalisasi dan berfungsi sebagai tempat berkumpul dan berbagi untuk menghubungkan pribadi dengan kepentingan agar dapat mewujudkan mimpi. Melalui program Citra Kemasan diharapkan dapat mewujudkan mimpi UKM, dan di kemudian hari RMT terus berperan dalam memajukan dan meningkatkan daya saing UKM. “Saat ini kita di BINUS selanjutnya ke daerah lain dan seterusnya bahkan bisa juga ke luar negeri. Program ini sangat positif kalau bisa dapat berlanjut khususnya untuk memajukan UKM Gombong Kebumen,” ujar Wulan.

    Lebih lanjut, Wulan menjelaskan, packaging akan memberikan kesan pertama bagi konsumen untuk menentukan pilihan. Dan, packaging juga dapat menentukan target pasar dan dapat menambah nilai ekonomi. Dengan diberlakukannya pasar bebas ASEAN, maka produk UKM Indonesia sudah semestinya siap untuk bersaing. Packaging juga menjadi benteng terakhir dari sebuah produk atau titik terakhir komunikasi dari produsen pada konsumen. Konsumen akan melihat packaging produk dengan detail setelah melihat promosi atau iklan di TV, flayer, banner dan sebagainya sebelum produk itu masuk ke toko. “Dengan program Citra Kemasan kita juga dapat membantu pasar yang lebih kompetitif di pasar nasional, regional maupun global,” ucap puteri dari DR Martha Tilaar ini. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top