• Berita Terkini

    Saturday, April 16, 2016

    Unit Pelayanan Harus Publikasian SOP

    ilustrasi
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, setiap unit pelayanan di jajaran Pemerintah Kabupaten Kebumen harus mempublikasikan secara terbuka standar operasional prosedur (SOP). Termasuk durasi yang dibutuhkan pada pelayanan tersebut.

    Hal itu ditegaskan Bupati Kebumen HM Yahya Fuad, pada acara launching Kebumen sebagai Laboratorium Inovasi Pelayanan Publik (Inovik) di Pendopo Rumah Dinas Bupati, baru-baru ini.

    Menurut HM Yahya Fuad, setiap pelayanan publik harus memiliki standar pelayanan dan dipublikasikan sebagai jaminan adanya kepastian bagi penerima pelayanan. Sebab, standar pelayanan merupakan ukuran dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang wajib ditaati pemberi dan penerima pelayanan. "Setidaknya SOP dan durasi sudah dipasang dan bisa diketahui penerima layanan," tegas HM Yahya Fuad, disela-sela acara.

    Usai pencanangan kegiatan dilanjutkan dengan workshop laboratorium pelayanan publik tahap drump up dan diagnosa tahun 2016. Kegiatan tersebutu diikuti oleh hkepala SKPD, camat, puskesmas, lurah dan BUMD yang ada di Kabupaten Kebumen.

    Bupati Yahya Fuad berharap workshop itu bisa menginspirasi dan mampu menggugah semangat berinovasi, baik secara individu maupun kolektif. Kepada setiap SKPD pengampu pelayanan publik harus bisa mengembangkan inovasi pelayanan publik, serta mempertajam setiap konsep pelayanan yang diberikan untuk memenuhi harapan masyarakat. Selain itu terus berinovasi dan berkreasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang cepat dan efisien.

    Kepala Pusat Inovasi Tata Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Basseng mengatakan kontribusi inovasi dan kreativitas terhadap daya unggul suatu bangsa sangatlah besar mencapai 45 persen.

    Sementara aspek jejaring hanya menyumbang 25 persen, teknologi 20 persen serta sumber daya alam 10 persen. Pemkab Kebumen bekerja sama dengan LAN membuat Laboratorium Inovasi Pelayanan Publik dalam rangka menciptakan sebanyak mungkin Inovasi Pelayanan Publik (Inovik).(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top