• Berita Terkini

    Wednesday, April 6, 2016

    Tiket KA Lebaran Laris Manis

    ilustrasi
    KEBUMEN (kebumenekspsres.com)- Penjualan tiket kereta api untuk mudik yang telah memasuki tanggal keberangkatan H-2 lebaran laris manis diserbu calon pemudik. Tiket mudik dari Jakarta ke tujuan Purwokerto, Yogya, Solo, Malang dan Surabaya paling banyak diminati masyarakat.

    Dari 9 tanggal keberangkatan mudik (H-10 sampai dengan H-2) yang telah dijual tiketnya, 5 tanggal keberangkatan telah ludes terjual. Masing- masing untuk tanggal keberangkatan 30 Juni (H-6) sampai dengan 4 Juli (H-2) telah habis untuk semua tiket KA reguler dari Jakarta melalui lintas selatan.

    "Keberangkatan H-6 sampai dengan H-2 lebaran dari Jakarta sudah habis, yang masih tersedia tinggal untuk H-10 sampai dengan H-7," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono, Selasa (5/4/2016).

    Menurut Surono, untuk keberangkatan H-7 lebaran sendiri tinggal menyisakan sekitar 40 tiket. Sementara tiket mudik dari Bandung dengan tujuan kota- kota di Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur yang telah terjual habis adalah untuk keberangkatan H-4 dan H-3 lebaran. Untuk tanggal keberangkatan yang lain sementara masih tersedia, meski beberapa tanggal keberangkatan juga mulai menipis.

    Data ketersediaan tiket mudik lebaran tersebut berdasarkan hasil pantauan dari Rail Ticket System (RTS) PT KAI hari Selasa (5/4) pukul 09.00 WIB.

    Seperti diketahui PT KAI telah mulai membuka penjualan tiket mudik lebaran untuk KA reguler sejak 28 Maret 2016 lalu mulai keberangkatan H-10 lebaran. Penjualan tiket mudik dilaksanakan secara online mulai pukul 00.00 dinihari setiap harinya. "Sesuai dengan hitungan H-90 atau 90 hari sebelum tanggal keberangkatan," ujarnya.

    Karena besarnya permintaan tiket mudik untuk keberangkatan H-6 hingga H-2 lebaran, tiket telah habis terjual dalam waktu tidak sampai satu jam. Padahal jumlah tiket yang dijual dari Jakarta ke lintas selatan mencapai 12.600 tiket KA reguler per harinya. Sedangkan dari Bandung sebanyak 3.900 tiket per hari.

    Seperti pada masa angkutan lebaran yang lalu, selain KA reguler PT KAI juga akan mengoperasikan beberapa KA Tambahan Lebaran pada masa arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Hal ini untuk mengantisipasi tingginya permintaan tiket pada masa Lebaran. Namun tiket KA Tambahan Lebaran tersebut saat ini belum mulai dibuka penjualannnya.

    "Sementara baru untuk tiket KA reguler, KA Tambahan lebaran belum, baru akan dibuka penjualannya sekitar awal Mei nanti," imbuhnya.

    Surono menambahkan, sama seperti tiket KA reguler, tiket KA Tambahan Lebaran juga akan dijual secara online. Baik melalui internet reservation, contact center 121, aplikasi smarthone, agen tiket maupun channel- channel tiket eksternal lainnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top