• Berita Terkini

    Saturday, April 16, 2016

    Tanpa Perawatan, Bumi Perkemahan Arga Putra Mengenaskan

    PURWOREJO- Tanpa adanya perawatan yang memadai, kondisi Bumi Perkemahan Arga Putra di Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Purworejo kondisinya mengenaskan. Fasilitas pendukung yang ada mengalami kerusakan dan hingga kini belum mendapatkan penanganan.

    "Tidak ada yang mengurusi setiap harinya di tempat ini. Dibiarkan begitu saja. Jadi ya lumrah kalau rusak," kata Sunarto (58), warga yang tinggal di dekat lokasi, kemarin.

    Ditilik dari fasilitas yang ada, Arga Putra cukup memadai untuk
    perkemahan. Adanya lapangan yang luas di bawah rerimbunan pohon, serta didukung keberadaan pendopo, sekretariat dan toilet. Namun kini kondisi atap pendopo utama telah ambrol di beberapa bagian. Sementara sekretariat dibiarkan kosong dalam tiga tahun terakhir.

    "Dulu sebenarnya ada gedung lain di belakang pendopo dan sekretariat yang dimanfaatkan sebagai ruang transit dan penyimpanan aneka barang pendukung. Tapi karena tidak terurus jadi roboh dan kini sudah tidak ada lagi," imbuh Sunarto.

    Ajang kemah sendiri, menurut Sunarto, kini intensitasnya menurun jauh dibanding awal keberadaannya pada tahun 1984. Cukup beralasan karena beberapa layanan pendukung di tempat itu amat minim. "Air sebagai kebutuhan utama juga sulit diperoleh. Apalagi musim kemarau," tambah Sunarto.

    Kasyanto, Kepala Kelurahan Kedungsari mengatakan kepemilikan bumi perkemahan ada di tangan Pemkab. Selama ini pemerintah kelurahan tidak memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan lebih jauh.

    "Memang sudah tidak ada badan pengelola disini, kami dari pemerintah kelurahan juga tidak berani melangkah karena biayanya juga tinggi," ungkap
    Kasyanto.

    Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Purworejo Said Romadhon mengatakan penanganan Arga Putra dilakukan beberapa pihak. Untuk aset berada di Dinas Kehutanan dan Perkebunan, sementara
    kegiatan sering dimanfaatkan oleh Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan
    Olahraga. "Yang rutin melakukan penanaman pohon itu dari Kantor Lingkungan Hidup," kata Said.

    Menurutnya, Dindikbupora Kabupaten Purworejo ingin mengajukan anggaran guna
    peningkatan kapasitas dan kualitas Arga Putra, namun terbentur beberapa aturan. "Mungkin perlu dibuat satker khusus untuk memberikan penanganan di bumi perkemahan Arga Putra," imbuh Said.

    Said menambahkan, Bupati Purworejo Agus Bastian menginginkan Arga Putra bisa dikembangkan menjadi lokasi yang lebih menarik dengan melibatkan beberapa pihak.

    "Pak Bupati mewacanakan membuat Hero Park di lokasi itu. Tidak sekedar menjadi tempat perkemahan saja, tapi bisa jadi satu destinasi wisata. Beberapa pihak bisa menggunakan misalnya saja untuk olahraga air softgun dan lain sebagainya," imbuh Said. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top