• Berita Terkini

    Saturday, April 16, 2016

    SMP N 3 Jadi Satu-satunya Sekolah di Kebumen yang Gelar Ujian Sekolah Berbasis Komputer

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Sebanyak 255 siswa kelas IX SMP Negeri 3 Kebumen menjadi satu-satunya sekolah di Kebumen yang sudah menerapkan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK). Meski baru pertama, USBK di sekolah yang berlangsung 4-15 April tersebut berjalan lancar.

    Kepala SMP Negeri 3 Kebumen Martiyono SPd MPd mengatakan, pelaksanaan USBK di sekolah yang dipimpinya tersebut berjalan lancar. Para siswa pun nyaman dan mampu dengan baik mengerjakan ujian tersebut. Hal itu dapat dilihat dari perolehan nilai ujian para siswa yang cenderung stabil. “Kedepan pelaksanaan ulangan harian, tes kenaikan kelas juga akan berbasis komputer,” terangnya.

    USBK, lanjutnya, bahkan menghemat penggunakan kertas, juga mampu untuk meningkatkan akuntabilitas ujian sekolah. Mengingat sesuai Permendikbud nomor 57 tahun 2015  menyatakan, kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditentukan berdasarkan hasil ujian sekolah.

    Tak hanya itu, USBK akan menunjang kesiapan para siswa dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tanggal 9-12 Mei mendatang. “Di Kebumen, SMP Negeri 3 Kebumen merupakan salah satu dari dua sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer,” tuturnya, Jumat (15/4/2016).

    Menurutnya, masa yang akan datang merupakan masa digitalisasi, dimana pendaftaran sekolah, kuliah dan transaksi lainnya sudah beralih dari manual menjadi komputer.  Dengan melakukan ujian berbasis komputer, maka akan melatih para siswa untuk lebih terbiasa  dengan komputer. Selain itu dengan pelaksanaan ujian berbasis komputer juga memperingan tugas guru. “Sebab guru tidak lagi mengoreksi jawaban siswa. Nilai siswa akan secara  otomatis terhitung oleh sistem,” paparnya.

    Dibawah tampuk kepemimpinan Martiyono, SMP Negeri 3 Kebumen memang selalu melakukan  inovasi dan terobosan dalam menunjang kreatifitas para siswa dan meningkatkan mutu pendidikan. Tak heran jika sekolah tersebut telah menyandang Sekolah Adiwiyata Nasional pada tahun 2015.

    Selain itu pada even School Green Award, (GSA) tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Universitas Semarang (UNNES) bagi SMP/MTS se Jawa Tengah dan DIY SMP Negeri Kebumen juga mendapatkan Juara Harapan 2.

    Martiyono menambahkan, keberhasilan menjadi sekolah Adiwiyata dan School Green Award, (GSA) tahun 2016 tersebut, semakin mengukuhkan SMP Negeri 3 Kebumen  sebagai sekolah berbasis lingkungan. “Kebanggaan tersebut ditindaklanjuti dengan membangun kemitraan dengan SD/MI dan SMP/MTs di Kabupaten Kebumen dalam rangka membina dan mengembangkan sekolah-sekolah Adiwiyata,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top