• Berita Terkini

    Friday, April 29, 2016

    Sensus Ekonomi 2016, Pelaku Usaha Diminta Berikan Data yang Benar

    sudarnoahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Para pelaku usaha di Kabupaten Kebumen diminta memberikan data yang benar saat petugas Sensus Ekonomi mendata mereka. Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Adi Pandoyo, pada sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 bagi para pelaku usaha di ruang rapat bupati, Kamis (28/4/2016).

    Adi Pandoyo menyatakan, Sensus Ekonomi 2016 akan diadakan 1-31 Mei 2016. Sensus Ekonomi ini diadakan dengan tujuan mendata seluruh sektor usaha secara menyeluruh (selain sektor pertanian). Yang akan mampu menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur sektor ekonomi non pertanian dengan informasi dasar beserta karakteristiknya.

    Para petugas sensus nantinya akan melakukan pendataan dengan mendatangi seluruh tempat usaha atau perusahaan non pertanian yang berada di wilayah Kabupaten Kebumen. Petugas sensus diwajibkan tidak memungut biaya apapun kepada obyek sensus dan bisa menjaga kerahasiaan tentang keterangan individu bersifat rahasia dan dilindungi oleh undang-undang.

    Manfaat dari sensus ekonomi ini bagi pelaku usaha untuk mengetahui posisi, peluang serta daya saing usaha. Bagi Pemerintah sebagai landasan perencanaan, pengambilan kebijakan serta evaluasi kegiatan. Bagi Peneliti/Akademisi sebagai bahan penelitian ilmiah dan pengamatan bidang ekonomi dan bagi Masyarakat bisa menerima manfaat dari kebijakan ekonomi yang diambil Pemerintah.

    Pada tahun ini Sensus Ekonomi bertepatan dengan momen MEA. Misalnya saja dari hasil Sensus Ekonomi tersebut, jelas Adi Pandoyo, dapat memetakan daya saing bisnis menurut wilayah, bahkan dapat menjadi prospek bisnis dan perencanaan investasi di Kebumen. "MEA ini menyebabkan pasar bebas untuk produksi barang dan jasa sehingga persaingan usaha menjadi bebas atas faktor produksi," kata Adi Pandoyo, kepada Kebumen Ekspres, kemarin.

    Melalui Sensus Ekonomi, kata dia, para pelaku usaha dapat mengetahui posisi dan peluang usaha serta daya saing usaha. Selain itu hasilnya dapat menjadi standar acuan indikator ekonomi. "Manfaat Sensus Ekonomi juga dapat membangun strategi bisnis lebih akurat, terutama menghadapi MEA yang sudah berjalan sejak akhir 2015 lalu," imbuhnya.

    Ia mengungkapkan, Sensus Ekonomi untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, kecuali sektor pertanian. Sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pembangunan.

    Adi Pandoyo menambahkna, pelaksanaan pembangunan tidak terlepas dari proses pengambilan keputusan. Agar setiap keputusan yang diambil dapat tepat dan benar, keputusan harus diambil berdasarkan informasi yang valid dan akurat.
     "Sensus ekonomi dilaksanakan untuk mendapatkan informasi potret utuh perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional," tegasnya.

    Pendataan seluruh sektor usaha secara menyeluruh (selain sektor pertanian) akan mampu menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur sektor ekonomi non-pertanian, berikut informasi dasar dan karakteristiknya.Selain itu, juga akan diketahui daya saing bisnis di daerah dan pada akhirnya di tingkat nasional, serta penyediaan kebutuhan informasi usaha.

    Bagi Pemkab Kebumen, sensus tersebut akan dijadikan yakni sebagai landasan untuk merencanakan ekonomi daerah, mengetahui potensi ekonomi daerah, peta penyebaran usaha di setiap sekor usaha. penyerapan tenaga kerja, serta untuk perhitungan produksi regional yang akurat.  Tak hanya itu, para pelaku usaha pun akan memperoleh manfaat dari kegiatan Sensus Ekonomi ini.  Yakni berguna untuk memperkirakan potensi pasar, menentukan lokasi perusahaan yang tepat, dan sebagainya.

    Adi Pandoyo meyakini Sensus Ekonomi 2016 akan memberikan keuntungan bagi pelaku usaha. Keuntungan tersebut di antaranya adalah mengetahui posisi dan peluang usaha serta daya saing usaha. "Karenanya, kegiatan sosialisasi ini juga merupakan wahana yang penting bagi pelaku usaha untuk kemudian pada pelaksanaan sensus dapat memberikan informasi yang tepat dan akurat," bebernya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top