• Berita Terkini

    Saturday, April 2, 2016

    Rusa di Alian Butterfly Park Kembali Hamil

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Rusa Bawean (Axis kuhlii), yang tiga bulan lalu baru melahirkan, tepatnya pada tanggal 15 Januari 2016, kini telah hamil kembali. Keberhasilan penangkaran itu, patut membuat pengelola tempat pariwisata Alian Butterfly Park berbangga hati. Sebab rusa jenis bawean memang terkenal sulit ditangkarkan.

    Sebelumnya, induk rusa tersebut telah melahirkan satu anak rusa yang diberi berkelamin jantan yang diberi nama Bombi. Kelahiran Bombi telah menambah jumlah koleksi rusa menjadi empat ekor.

    Direktur Alian Butterfly Park Wahyu Karyono (44) kepada Ekspres mengatakan, yang diperlukan dalam penangkaran binatang adalah bagaimana memberikan kenyamanan. Binatang akan merasa nyaman jika pakan, situasi dan keamanannya terjamin. "Jika binatang sampai mengalami stres, maka tidak mungkin akan mampu untuk berkembang biak," tuturnya, kemarin (29/3/2016).

    Rusa Bawean tersebut lanjutnya, didapatnya dari  pihak Pengelola obyek pariwisata Jembangan sekitar satu tahun lalu. Setelah dua bulan berada di penangkaran Alian Butterfly Park, rusa tersebut hamil. Masa kehamilan rusa berkisar selama enam bulan. "Jika semua berjalan nomal kemungkinan lima bulan mendatang, rusa akan kembali melahirkan," katanya.

    Sementara itu kondisi cuaca yang ekstrim seperti sekarang ini, ternyata tidak berdampak signifikan terhadap populasi kupu-kupu di tempat pariwisata tersebut. Pasalnya sepanjang ketersediaan bunga masih banyak, maka kupu-kupu akan mampu bertahan hidup. Pihak pengelola juga memberikan makanan tambahan bagi kupu-kupu berupa cairan gula dan buah-buahan yang diletakkan di beberapa tempat. "Ini hanya sekedar makanan tambahan saja. Meskipun tanpa makanan tambahan pun ketersediaan bunga masih mencukupi,"terangnya.

    Wahyu menambahkan, di Alian Butterfly Park para pengunjung dapat melihat berbagai macam jenis kupu-kupu, baik itu dari jenis lokal maupun dari luar Pulau Jawa. Kupu-kupu tersebut telah diawetkan dan dipajang di ruang display. "Selain itu pengunjung juga dapat membeli aksesoris seperti gantungan kunci dan lain sebagainya," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top