• Berita Terkini

    Wednesday, April 20, 2016

    Rest Area Mudik Lebaran Mulai Disiapkan

    Disurvey Langsung Korlantas Polri
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Berbagai persiapan mulai dilakukan jajaran kepolisian guna menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2016 yang tinggal hitungan bulan lagi. Kemarin, tim gabungan dari Korlantas Polri, Ditlantas Polda Jateng, Kementerian Perhubungan, Jasa Raharja serta instansi terkait, melakukan survey tingkat titik.
    kelelahan para pemudik Lebaran 2016 di jalur selatan, khususnya di Kabupaten Kebumen. Di titik lelah itulah nantinya akan dibangun posko titik kelelahan atau rest area yang akan digunakan sebagai tempat beristirahat para pemudik.

    Di Kebumen, Satlantas Polres Kebumen telah menyiapkan sejumlah lokasi sebagai alternatif rest area pemudik. Seperti di Hotel Candisari Karanganyar, Terminal bus Kebumen, Rest Area Efisiensi Wonosari dan Terminal bus Prembun.

    "Selain untuk tempat beristirahat sejenak, keberadaan rest area ini sangat penting untuk menekan angka kecelakaan selama lebaran," ucap Kepala Bidang Manajemen Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Korlantas Mabes Polri, Kombes Darto Juhartono yang juga Ketua Tim Survey, AKBP Darto Juhartono MH di sela-sela survey di Hotel Candisari, Selasa (19/4/2016).

    Ikut pula dalam survey tersebut, Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Jateng, AKBP Indra K Mangungsong, Kaur Pelayanan dan Santunan PT Jasa Raharja Drs Marganti serta Kasatlantas Polres Kebumen, AKP Aditia Mulia Ramdhani beserta jajarannya.

    Darto menuturkan, survey dilakukan untuk melihat lokasi rest area di Kebumen yang paling cocok untuk para pemudik. Kriterianya, dekat dengan jalur utama mudik, memiliki tempat parkir yang memadai untuk kendaraan serta yang paling penting dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

    Nantinya, kata dia, di rest area tidak hanya didirikan tenda, tapi juga akan dilengkapi dengan fasilitas lain yang memadai. Seperti MCK, pelayanan kesehatan gratis, tempat pijat bahkan hingga tempat karaoke. Karenanya, petugas di rest area tersebut juga berasal dari berbagai instansi, seperti Dinas Kesehatan, Polri, Perhubungan, Satpol PP dan stake holder terkait lainnya.

    "Intinya agar bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik, sehingga mereka fit untuk kembali melanjutkan perjalanan," imbuh Darto.

    Dia menambahkan, faktor kelelahan dan mengantuk sangat berpotensi memicu kecelakaan lalu lintas yang bisa menimbulkan resiko korban harta bahkan nyawa.
    Oleh karena itu, Polri menghimbau pemudik jangan memaksakan diri menempuh perjalanan apabila dalam kondisi lelah dan mengantuk. ”Istirahat sejenak, pulihkan stamina  guna menghindari terjadinya kecelakaan,” tandasnya seraya menambahkan jika survey dilakukan di semua jalur mudik lebaran.

    Kasatlantas Polres Kebumen AKP Aditia Mulia Ramdhani menuturkan, hasil survey ini nantinya akan dijadikan masukan guna menentukan lokasi rest area yang paling tepat.
    "Untuk saat ini kita belum bisa memutuskan lokasi mana yang akan dijadikan posko titik kelelahan, sebab kita masih harus melakukan koordinasi lebih lanjut, termasuk dengan para pemilik calon lokasi rest area," beber Aditia.

    Terkait persiapan arus mudik lebaran, Aditia mengatakan jika pihaknya juga melakukan survey untuk melihat kondisi jalan, sarana prasarana termasuk rambu lalu lintas di jalur utama mudik maupun di jalur alternatif. Jika nantinya dibutuhkan rambu, pihak kepolisian akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan setempat guna penambahan rambu. Demikian pula jika ada jalan yang rusak parah, pihak akan berkoordinasi dengan Bina Marga. "Bagaimanapun juga, jalan rusak bisa menjadi pemicu kecelakaan," kata dia. (has)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top