• Berita Terkini

    Sunday, April 24, 2016

    Ratusan Siswa di Kebumen Peringati Hari Bumi

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)–  Hijau tuk pulau dan biru tuk laut. Kalimat itu tertulis di sebuah kertas yang menempel pada balon dunia. Meski hanya kalimat sederhana, namun rangkaian tujuh kata tersebut mampu menggambarkan tentang kelestarian bumi.

    Hari Bumi jatuh pada tanggal 22 April. Di beberapa wilayah, Hari Bumi kerap diperingati dengan berbagai tema dan acara. Ini untuk mengingatkan kembali akan pentingnya menjaga kelestarian bumi.

    Seperti yang peringatan yang dilaksanakan oleh Yayasan Ibnu Abbas Kebumen bersama Kantor  Lingkungan Hidup (KLH), Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kebumen dan beberapa komunitas remaja seperti Saka Kalpataru dan Neo Ramdhan. Kali ini mereka melaksanakan peringatan Hari Bumi di Alun-alun Kebumen bersama dengan acara Car Free Day (CFD),  Minggu (24/4/2016).

    Ikut dalam peringatan tersebut, SD Alam Lukulo, SDIT Ibnu Abbas, Paud IT Ar Risalah, TKIT Ibnu Abbas, Paud IT Cendrawasih dan SMP IT Ar Risalah yang berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ibnu Abbas.

    Peringatan Hari Bumi tersebut dibuka oleh perwakilan Yayasan Ibnu Abbas Kebumen Joni Hermawan ST dengan menempelkan pesan di bola dunia. Ini sebagai simbolis komitmen untuk menjaga bumi dalam mengurangi masalah sampah. Peringatan tersebut mengangkat tema “Gerakan Pungut Sampah, Pilah Sebelum Membuang”, ini sesuai aksi yang sedang gencar dilaksanakan oleh SD Alam Lukulo.

    Kegiatan utama dari Peringatan Hari Bumi kali ini diwujudukan melalui aksi pungut dan pilah sampah. Sebelum aksi dimulai, Alfia Diana dari Dinas Lingkungan Hidup memberikan arahan terlebih dahulu kepada peserta dalam memungut dan memilah sampah. “Para pun peserta sangat antusias dalam mengikuti aksi ini,” tutur Joni Hermawan ST, di sela-sela acara.

    Menarik selain melakukan aksi pungut dan pilah sampah, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penghargaan pahlawan kebersihan, yang diberikan kepada para petugas kebersihan sampah DPU Kebumen. Pemberian penghargaan tersebut dilaksanakan oleh wali murid dari SD Alam Luk Ulo dan Lembaga Pendidikan Ibnu Abbas. Adapun total uang yang diberikan mencapai Rp 1,320 juta.

    Menurut Joni Hermawan St, tugas menjaga kebersihan seharusnya menjadi kewajiban semua orang. Namun saat ini kesadaran seperti itu tampaknya belum banyak dimiliki oleh masyarakat. “Maka dari itu saat ini, kita masih dibantu oleh para petugas kebersihan dalam menjaga kebersihan Kota Kebumen yang seharusnya menjadi kewajiban kita semua,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top