• Berita Terkini

    Monday, April 18, 2016

    Ratusan Anak Meriahkan Gebyar PAUD Kebumen

    Sudarno ahmad/ekspres 
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sedikitnya 208 anak yang masih duduk Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kelompok Bermain (KB), hingga Taman Kanak-kanak (TK) di Kecamatan Kebumen mengikuti Festival Gebyar PAUD 2016, Sabtu (16/4/2016).

    Kegiatan tersebut digelar di dua tempat berbeda, yaitu di Gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kebumen dan TK Negeri Pembina di Jalan Indrakila Kebumen.
    Ketua Panitia, Sri Kuwati, menyatakan Festival Gebyar PAUD diikuti oleh perwakilan TK, KB, TPA dan Pos PAUD se Kecamatan Kebumen. Ia menjelaskan, Festival Gebyar PAUD yang diselenggarakan oleh Pusat Kerja Gugus (PKG) Kecamatan Kebumen tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yakni di tiap pos lomba harus diikuti secara kelompok oleh empat anak.

    Berbeda dengan tahun sebelumnya, setiap mata lomba dapat diikuti oleh satu anak peserta. "Di tiap pos diikuti oleh empat anak yang bermain tiga mata lomba," kata Sri Kuwati, kepada Kebumen Ekspres, disela-sela acara.

    Sedangkan, Festival Gebyar PAUD kali ini terdapat empat pos yaitu pos A, B, C dan D. Untuk Pos A dan B dilaksanakan di PDM, adapun Pos C dan D digelar di TK Negeri Pembina. Sri Kuwati mengatakan, lomba di Pos A diikuti oleh 16 lembaga. Pos B diikuti oleh 38 lembaga, sedang Pos C dan D, diikuti oleh 12 gugus. Berbagai lomba digelar pada kegiatanrutin itu, di Pos A diantaranya lomba menempel pola, memeras kelapa, dan memindah bola. Pos B, ada lomba menata botol dalam dunak, meronce, dan menuang air.

    Selanjutnya, Pos C lomba melukis dengan media tampah, memasukkan kelereng ke dalam botol, nembang jawa. Serta Pos D, lomba finger painting, membentuk plastisin, hingga menempel keping geometri. "Untuk dewan juri kita ambil dari UPT Dinas Dikpora Kecamatan Kebumen, Himpaudi Kabupaten Kebumen dan Ketua Gugus PAUD se Kecamatan Kebumen," terang Sri Kuwati.

    Ia menambahkan, kegiatan tersebut juga digelar dalam rangka persiapan memilih peserta perwakilan Kecamatan Kebumen yang akan maju pada Festival Gebyar PAUD tingkat Kabupaten Kebumen pada 26 April 2016. "Bagi yang menjadi juara pada tingkat kecamatan ini, berhak mewakili kecamatan di tingkat kabupaten," tegasnya.

    Sementara dari hasil lomba, peserta yang berhak maju mewakili Kecamatan Kebumen ke ajang yang sama di tingkat Kabupaten. Yaitu Pos A dan B dari Pos PAUD Kasih Ibu 2 Selang, sedang Pos C dan Pos D diwakili oleh Gugus Cut Meutia.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top