• Berita Terkini

    Thursday, April 7, 2016

    Puluhan Siswa SD Islam Al Hikmah Selokerto Kecamatan Sempor "Serbu" Gedung DPRD

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Puluhan siswa SD Islam Al Hikmah Selokerto Kecamatan Sempor melakukan kunjungan belajar ke Kantor DPRD Kabupaten Kebumen, Kamis (7/4/2016). Para siswa itupun antusias mengikuti kegiatan tersebut.

    Antusiasme sudah terlihat mereka datang. Dengan lincah, mereka menapaki tangga gedung DPRD Kabupaten Kebumen dan langsungmenuju ruang sidang paripurna.  Di tempat itu, para siswa SD Islam Selokerto disambut hangat oleh lima anggota DPRD diantaranya, Sudarmaji, Bagus Setiyawan, Wijil Tri Atmojo, Sakur Jaelani dan Musito. Kepada para siswa itu, para anggota dewan dengan sabar menjelaskan tugas dan fungsi mereka sebagai wakil rakyat.

    Seperti saat Bagus Setiawan meladeni pertanyaan siswa-siswa tersebut. Kepiawaian Bagus berkomunikasi membuat para siswa tak canggung. “Anggota DPR kan berasal dari banyak partai politik, lalu bagaimana mereka dapat bekerjasama?, Sidang apa aja yang dilaksanakan oleh DPR?” tanya salah satu siswa SD Islam Al Hikmah dengan mantap.
    Menanggapi pertanyaan tersebut, Bagus Setiawan pun membenarkan bahwa anggota DPRD memang berangkat dari partai politik yang berbeda-beda. Di Komisi B juga terdiri dari anggota DPRD yang berasal dari berbagai partai politik. “Namun setelah anggota DPRD dilantik, kita tidak lagi membeda-bedakan partai politik, melainkan bersama-sama berjuang untuk kepentingan rakyat,” tuturnya.

    Sementara itu salah satu anggota DPR lainnya Wijil Tri Atmojo menjelaskan, yang disebut sidang adalah rapat. Ruang sidang paripurna tersebut digunakan untuk tempat rapat dan bertemunya antara anggota DPR dengan rakyat atau dengan Pemerintah Daerah. Sedangkan untuk sidang komisi dilaksanakan dimasing-masing ruang komisi. “Anggota DPRD semuanya berjumlah 50 orang sebab jumlah penduduk Kebumen lebih dari satu juta jiwa. Jika jumlah penduduk kurang dari 1 juta namun lebih dari 750 ribu jiwa, maka jumlah anggota DPRDnya 45 orang,” tuturnya.

    Sementara itu Kepala SD Islam Al Hikmah Selokerto Iswasdi SPdI melalui penanggung jawab Program pembelajaran lapangan (PPL) Nunung Hidayati SPd mengatakan, kunjungan ke gedung DPRD Kebumen tersebut diikuti oleh 78 siswa terdiri dari kelas IV dan V serta lima orang guru. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari PPL. “Sebelum  ke gedung dewan, kita juga mengajak siswa ke LIPI Karangsambung. Setelah dari gedung dewan kita akan menuju gedung Pemkab,” ucapnya, sembari mengatakan kunjungan ke gedung dewan berkaitan erat dengan peljaran PPKn. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top