• Berita Terkini

    Wednesday, April 13, 2016

    Polri Buka Lowongan Akpol, Bintara dan Tamtama


    Pendaftaran Dilakukan via OnlineKEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) membuka pendaftaran anggota baru untuk menjadi Bintara Polri dan Bintara Pembantu Penyidik Polri pada bulan April 2016. Masa pendaftaran sudah dibuka sejak 7 April kemarin hingga 30 April 2016.

    Selain bintara dan bintara pembantu penyidik, ada pula lowongan anggota Polri melalui program Tamtama dan Akademi Kepolisian (Akpol). Semua pendaftaran dilakukan via online melalui website www.penerimaan.polri.go.id.

    Untuk Bintara Khusus Pembantu Penyidik, kesempatan diberikan kepada semua lulusan S1 dari berbagai program studi. Kecuali sarjana seni, sastra, dokter gigi, pertanian dan pendidikan.

    Sementara untuk program Bintara, Tamtama dan Akpol, syarat minimal pendidikan adalah jenjang SMA sederajat dengan program studi yang sesuai dengan kompetensi tugas pokok Polri.

    "Bahkan yang masih duduk di kelas XII (kelas III SMA/SMK/MA-red) pun diberi kesempatan untuk mendaftar," ujar Kapolres Kebumen AKBP Alpen SH SIK MH seperti dituturkan Kasubag Humas AKP Wasidi kepada Ekspres, Rabu (13/4/2016) di ruang kerjanya.

    Wasidi menuturkan, bagi yang masih duduk di kelas XII, pendaftaran bisa menggunakan nilai rata-rata raport semester 1. Baru setelah dinyatakan lulus, menyerahkan ijazah disertai dengan hasil ujian nasional.

    Hanya saja, pendaftaran calon anggota Polri ini tidak berlaku untuk lulusan program pendidikan kesetaraan paket A, paket B dan paket C.
    Lebih lanjut dia menuturkan, untuk penerimaan anggota Polri Tahun 2016, jumlah yang dibutuhkan mencapai ribuan. Baik untuk penempatan polisi tugas umum, bintara pembantu penyidik maupun polisi wanita (polwan).

    Wasidi menegaskan, mulai dari pendaftaran sampai dengan pendidikan hingga penerimaaan, Polri tidak memungut biaya alias gratis.



    Karena itu, Wasidi mewanti-wanti kepada masyarakat agar jangan percaya kepada orang yang menjanjikan bisa masuk Polisi dengan meminta imbalan. "Saya berani pastikan itu jelas-jelas penipuan, pokoknya jangan percaya," tandasnya.

    Ditambahkannya, proses penerimaan anggota Polri dilakukan secara transparan, akuntabel, bersih dan bebas KKN. Dengan demikian diharapkan bisa menghasilkan calon anggota yang benar-benar berkualitas, unggul dan kompeten.

    Terkait detail syarat pendaftaran, Wasidi menjelaskan informasi tersebut dapat diakses melalui website penerimaan.polri.go.id atau di website Polres Kebumen http://www.tribratanews-polreskebumen.com. Di dua website itu, dijelaskan secara detail tentang persyaratan umum maupun khusus bagi para calon pendaftar.
    "Bagi yang mungkin kurang jelas, bisa langsung datang ke Mapolres Kebumen untuk mendapatkan informasi lebih lanjut," tutur Wasidi.

    Dibagian akhir, dia mengatakan jika tujuan pendidikan Polri adalah untuk membentuk anggota Polri sebagai insan Bhayangkara yang memiliki jiwa dalam melaksanakan tugas sebagai pemelihara Kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang profesional bermoral, modern, unggul, humanis dan berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela. (has)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top