• Berita Terkini

    Monday, April 25, 2016

    Pecatur Kebumen Lolos Seleksi Kejurprov

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumeneskpres.com)- Nama Ayala (10), sudah cukup familiar di kalangan para pecatur Kebumen. Bahkan anak perempuan yang masih duduk dibangku kelas 5 SD Negeri Kutosari 4 Kecamatan Kebumen ini cukup disegani lawan-lawannya di meja catur.

    Ya, saat ini Ayala adalah satu-satunya pecatur cilik asal Kabupaten Kebumen  yang lolos seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD tingkat eks Karesidenan Kedu yang telah berlangsung pada 18 April 2016 lalu. Pada kompetisi yang digelar di SMP Muhammadiyah Purworejo itu, Ayala berhasil meraih juara 3 dan memastikan diri mengikuti kompetisi catur tingkat provinsi yang bakal dilaksanakan pada 1 Juni 2016 mendatang.

    Bukan kali pertama ini Ayala mengikuti Lomba Catur O2SN yang telah mengharumkan nama Kebumen. Sejak masih duduk di bangku kelas, 3 Ayala sudah mengikuti O2SN SD tingkat provinsi di Semarang, meski pada saat belum mendapatkan hasil yang maksimal. Demikian juga saat di bangku kelas 4, Ayala juga lolos seleksi dan mengikuti Lomba O2SN SD tingkat provinsi yang juga berlangsung di Semarang, dimana Ayala masuk 10 besar se-Jawa Tengah.

    Pelatih catur Ayala, Heru Riyanto mengatakan, dengan sejumlah pengalaman tersebut di tahun ini, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Kebumen menargetkan Ayala bisa menjuarai O2SN SD tingkat provinsi minimal masuk 3 besar.

    Menurut Heru Riyanto, saat ini Ayala pada kondisi puncak dimana pengalaman bertandingnya sudah cukup bagus. Selain berpengalaman di O2SN juga sudah sering menjuarai lomba catur baik Lokal kebumen maupun tingkat eks Karesidenan Banyumas dan Kedu. Bahkan beberapa kali Ayala diikutkan Liga Yunior Catur untuk kelas diatasnya yang mayoritas pesertanya siswa SMP dan SMA.

    "Hasilnya Ayala dua kali meraih emas di Temanggung. Kami selaku pelatih mohon dukungan kepada semua warga masyarakat Kebumen agar kompetisi catur di Semarang besok bisa berjalan lancar dan Kebumen mendapatkan peringkat yang terbaik," ungkap pria yang juga PNS di Satpol PP Kebumen itu.

    Atas prestasi yang ditorehkan Ayala, SD Negeri Kutosari 4 pun patut berbangga. Kepala SD Negeri Kutosaro 4, Dra Nurhayati MPd, mengungkapkan prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah yang ia pimpin. Ia berharap prestasi yang di raih Ayala juga akan berguna bagi masa depannya kelak. Menurutnya, bakat yang dimiliki Ayala merupakan talenta yang tak ternilai harganya, bukan semata-mata prestasi yang ia capai.  "Tetapi bagaimana bakat ini dapat dikembangkan sehingga berguna bagi Ayala dikemudian hari. Kita mesti mendukung dan berharap Ayala meraih yang terbaik di O2SN tingkat Provinsi," tuturnya.

    Sementara itu, orangtua Ayala, Haryono mengaku bangga memiliki anak yang telah mengharumkan nama Kebumen. Pihak keluarga, kata dia, akan selalu mendukung apa yang menjadi bakat putrinya itu.  "Modal utama keberhasilan seseorang adalah punya mimpi. Punya planing untuk mengejar mimpi tersebut dan disiplin waktu serta konsisten melaksanakan planing yang sudah di tentukan," kata Haryono, saat ditemui disela-sela kesibukanya sebagai Service Manager di Dealer Muncul Group.

    Sisa waktu yang tinggal lima pekan lagi sebelum kompetisi di Semarang, Haryono akan memberi dorongan motivasi untuk memaksimalkan kemampuan Ayala. "Kami akan melakukan latih tanding setiap hari antara Ayala dengan para pelatih Percasi kebumen," pungkasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top