• Berita Terkini

    Friday, April 8, 2016

    Pantai Lampon Surga Tersembunyi di Kebumen

    SUDARNO AHMAD/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) – Garis Pantai Selatan yang membentang di Kabupaten Kebumen, sangat potensial untuk dikembangkan menjadi obyek wisata pantai. Beberapa pantai baru yang mempunyai panorama alam indah dibuka masyarakat bekerja sama dengan Perum Perhutani. Pantai potensial yang dibuka salah satunya Pantai Pasir di Desa pasir Kecamatan Ayah.

    Ada beberapa pantai kecil ada di kawasan Pantai Pasir yang masih alami, salah satunya Pantai Lampon. Berjarak sekitar 38 Km dari Kota kebumen kearah barat daya, bisa menjadi pilihan berlibur. Pantai Lampon merupakan pantai rahasia sekaligus tersembunyi. Pantai ini urung banyak diketahui oleh wisatawan umum. Pantai Lampon memang bukan tempat wisata. Lokasinya tertutup oleh bukit dan hiruk pikuk aktivitas nelayan Pantai Pasir yang sibuk membawa hasil laut dari lautan ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) setempat. Pantai Lampon berada diantara Pantai Pasir dan Tanjung Karang Penganten.

    Pantai Lampon mendiami teluk sempit di selatan perbukitan Kawasan Karst Gombong Selatan (KKGS). Pantai Lampon bukanlah pantai yang luas dan panjang. Pantai Lampon hanya memiliki panjang garis pantai tak lebih dari 100 meter dan lebar yang sempit. Namun demikian suasana alami masih sangat terasa jika anda menginjakan kaki di Pantai Lampon.

    Pasir pantai coklat di Pantai Lampon masih sangat bersih. Air laut yang berwarna hijau kebiruan berpadu selaras dengan pasir pantai yang landai. Sama seperti Pantai Pasir, Pantai Lampon juga dibatasi tebing karang disisi barat dan timurnya. Pepohonan hijau nan asri berundak mengelilingi Pantai Lampon hingga ke puncak perbukitan. Tak ketinggalan pohon kelapa khas pesisir yang menghiasi Pantai Lampon.

    Mendatangi Pantai Lampon membuat bayangan seolah terbang ke salah satu pantai nan elok di Negeri Laskar Pelangi, di Kepulauan Bangka Belitung. Sebab, Pantai di Kebumen itu tidak kalah indahnya dengan pasir putih, jejeran perahu nelayan yang ditambatkan di tepi pantai serta pohon kelapa khas pesisir yang melambai-lambai diterpa angin.

    Untuk sampai ke lokasi harus menempuh perjalanan yang lumayan menantang, pasalnya pantai tersebut masih perawan dan baru dibuka untuk umum. Tak salah jika pantai ini adalah mutiara yang tersembunyi di Kabupaten Kebumen. Dari pintu masuk pantai tersebut, ke lokasi harus melalui tanjakan curam untuk sampai ke atas bukit untuk bersantai dan mengambil spot foto terbaik.

    Kepala Desa Pasir Sukamaso, menjelaskan kawasan wisata yang baru dibuka untuk umum sejak hampir setahun itu menawarkan berbagai panorama. Mulai dari pantai. goa, bukit hingga tanjung. Selain keindahan alamnya, untuk masuk ke obyek wisata diatas lahan 58,7 hektar milik Perum Perhutani tersebut juga cukup terjangkau. Yaitu untuk tiket masuk masuk hanya Rp 3.000 dan parkir kendaraan roda dua Rp 2.000, serta roda empat Rp 4.000. "Yang mengelola pemerintah desa bersama masyarakat," ujarnya.

    Sejumlah obyek wisata yang ada di tempat ini, meliputi Pantai Lampon, Pantai Surumanis, Goa Wora-wari, Goa Celeng, Tanjung Karang Pengantin, hingga air terjun grojogan.  Sekda Adi Pandoyo, menyampaikan, saat ini terdapat 16 desa di pesisir selatan sedang gencar membuka onyek wisata baru di Kabupaten Kebumen. Termasuk di Desa Pasir, Kecamatan Ayah. Menurutnya, hal ini sangat positif menyusul Bandara Kulon Progo akan mulai beroperasi pada 2020 mendatang. "Sehingga nantinya akan banyak wisatawan datang ke Kebumen hanya ditempuh dalam waktu satu jam dari Bandara," kata Adi Pandoyo. Ia berharap dengan dibukanya obyek-obyek wisata baru dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Sehingga kesejahteraan masyarakat pun meningkat.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top