• Berita Terkini

    Saturday, April 23, 2016

    Pamer Alutsista Jadi Ajang Bermain Anak

    ARIEF BUDIMAN/RASO
    SOLO – Suasana mencekam sempat menyelimuti objek wisata Taman Satwa Taru Jurug(TSTJ), Solo, kemarin (23/4). Puluhan peralatan perang bersiaga di beberapa titik di kebun binatang terbesar di Karesidenan Surakarta tersebut. Terlebih lagi dari arah pintu masuk TSTJ sudah berjaga dua buah tank yang gagah.

    Jawa Pos Radar Solo mencoba bertanya asal tank tersebut yang akhirnya diketahui milik Brigif 6 Divisi Infantri 2 Kostrad. Ketegangan tersebut luntur saat salah satu anggota TNI menggendong seorang anak taman kanak-kanak (TK) dan langsung dinaikkan ke atas tank. Tak lama setelah itu disusul lima temannya yang juga turut naik di atas tank. ”Tembakk….,” ucap anak-anak tersebut sembari memainkan salah satu moncong senjata yang ada di atas tank.

    Puluhan anak lainnya berlarian menyerbu lokasi lain di sekitar TSTJ untuk melihat berbagai alat utama sistem pertahanan (alutsista). Peralatan perang ini sengaja dipajang untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 50 Komando Resort Militer (Korem) 074/Warastratama.

    Koordinator Kegiatan Mayor Inf Didin Nasrudin menjelaskan, sedikitnya 30 alutsista dipamerkan selama dua hari dari Sabtu-Minggu (23-24/4) di TSTJ. ”Selama ini pameran alutsista kami gelar di mal. Baru kali ini kami memamerkan di kebun binatang. Kami ingin memberikan edukasi kepada anak-anak di tempat rekreasi agar lebih merakyat,” katanya.

    Pameran tersebut melibatkan berbagai unsure, seperti Landasan Udara (Lanud) Adisumarmo, Kopassus, Denpom, dan Polresta. Selain itu juga hadir dari Badan SAR Nasional (Basarnas), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), hingga klub American Jeeb dan klub motor Solo. Deretan alutsista ditata dari pintu masuk, kandang gajah hingga danau buatan di sisi timur.

    Sementara itu, Direktur TSTJ Solo Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso mengapresiasi penggunaan TSTJ sebagai lokasi pameran alutsista. Apa yang dilakukan TNI tersebut dapat menjadikan taman satwa yang digadang-gadang akan menjadi proyek percontohan kebun binatang nasional tersebut semakin rami dikunjungi. ”Kami berharap kerja sama ini bisa berkelanjutan,” terangnya. (irw/un)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top