• Berita Terkini

    Thursday, April 21, 2016

    Mengajar Efektif dengan E Teaching

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Di era sekarang ini, guru dituntut tidak sekedar memberikan materi pelajaran kepada muridnya secara biasa-biasa saja. Namun,  butuh kreatifitas agar materi yang disampaikan tidak saja lebih mengena bagi anak didik tetapi juga membuat suasana belajar mengajar menjadi menyenangkan.

    Sistem E Teaching atau guru elektronik pun menjadi pilihan saat ini. Salah satunya melalui aplikasi CTE (Creatif, Teaching dan Edukatif). Aplikasi ini sangat membantu bagi para guru dalam mendidik para siswanya. Sebab, aplikasi tersebut dilengkapi dengan menu buku pelajaran, soal-soal untuk siswa, persiapan mengajar, video visual dan buku rujukan yang berkaitan dengan pelajaran.

    “Aplikasi CTE sangat baik digunakan oleh guru maupun siswa dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan,” tutur Pakar Information and Communication Technologies (ICT) Oyong Satrio Bayu Daksina SH SKom saat menjadi narasumber pada seminar pendidikan sehari yang mengangkat tema ”Guru hebat dengan aplikasi CTE, di Rumah makan Candisari Kebumen, Rabu (20/4/2016).

    Menurut Oyong Satrio, E Teaching adalah konsep belajar guru kreatif dengan menggunakan aplikasi pendukung dan memanfaatkan teknologi komputerisasi. CTE merupakan aplikasi atau alat untuk pembuatan bahan ajar yang edukatif dan menarik menggunakan visual slide materi. “Konsep belajar guru dapat membuat materi yang akan diajarkan kepada siswa dengan menggunakan media teks, audio, video, gambar, ebook dan file dokumenter yang digabung,” terangnya.

    Sementara itu Direktur CV Aneka Jaya Widiatmoji Ambono SH mengatakan, CTE dibuat dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang multimedia dan multi sumber. CTE praktis digunakan oleh guru dan mudah diterima oleh para siswa. "Dengan mengunakan aplikasi CTE, siswa tidak merasa jenuh. Sebab belajar dilakukan dengan menarik dan menyenangkan," ujarnya sembari mengatakan para guru bisa mendapatkan aplikas CTE dengan menghubungi CV Aneka Jaya.

    Manager projek CV Aneka Jaya Taryono menambahkan, seminar E Teaching juga akan kembali dilaksanakan pada Kamis (21/4) dengan peserta para guru Sekolah Dasar (SD).

    Sementara itu panitia penyelenggara seminar Martiyono SPd MPd mengatakan, seminar kali ini diselenggarakan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kebumen dengan dihadiri oleh 250 peserta. Membuka kegiatan kemarin, Kepala Dinas Pemuda dan Olah raga (Dikpora) Kabupaten Kebumen, H Ahmad Ujang Sugiono SH.

    Adanya aplikasi CTE, harap Martiyono, pembelajaran akan lebih menyenangkan dan efektif serta kreatif serta menjadi jawaban atas kendala mengajar dengan sistem manual yang selama ini terjadi. “Sistem mengajar manual mempunyai beberapa kendala. Salah satunya saat ada murid yang ketinggalan buku pelajaran, maka dia akan sangat sulit untuk mengkuti pelajaran selanjutnya. Tugas seorang guru adalah mengoptimalkan berbagai media dan sumber yang ada pada di program ini,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top