• Berita Terkini

    Wednesday, April 27, 2016

    Lapangan Jadi Tempat Relokasi, Pedagang Pasar Bocor Mulai Berkemas

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Para pedagang pasar Bocor Kecamatan Buluspesantren mulai berkemas dan memberesi kios mereka sendiri-sendiri. Mereka akan menempati tempat relokasi sementara, terhitung mulai besok Jumat (29/4/2016). Relokasi sendiri dipilih lapangan Bocor yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi pasar saat ini.

    Salah satu pedagang pasar Bocor Kamdi (60), mengaku siap dipindahkan ke tempat relokasi sementara. Namun, dia berharap, pembagian kios maupun loss juga tidak jauh dari tempat semula para pedangang menetap. “Jumat (besok,red), kami sudah harus pindah ke lapangan. Saya juga berharap saat pembagian kios maupun loss nanti, para pedagang tidak dipungut biaya,” tutur Kamdi (60), Rabu (27/4).

    Terpisah,  keamanan pasar Bocor Khamdun (38) mengatakan, lapangan Bocor menjadi tempat relokasi sementara sembari menunggu Pasar Bocor dibangun. Di tempat itu, sudah banyak pedagang yang membangun kios. Pedagang membangun kios secara sendiri-sendiri.

    Disinggung mengenai pembagian kios, Khamdun mengatakan para pedagang lama yang kini sudah didata tidak akan ditarik uang terkait penempatan kios maupun loss baru. Adapun jumlah sisa kios dan loss nantinya akan dilelang. “Hal itu sudah disosialisasikan kepada para pedagang,” paparnya.

    Khamdun juga menegaskan jika sampai terjadi pungutan dalam pembagian kios maupun loss, ada sanksi tegas menunggu. Baik penerima maupun pemberi akan ditindak tegas. “Umpamanya ada pedagang yang menginginkan kios di depan lalu dia membayar kepada seseorang, dia akan kita tindak tegas,” ujarnya.

    Lebih lanjut dijelaskan pembagian kios maupun loss, akan diusahakan mendekati tempat semula para pedagang. Bila ada yang ada menempati lokasi tak seharusnya, akan dipindah. “Umpamanya ada pedagang pecel, namun dia menempati di deretan penjual baju, tentunya dia akan dipindah,” ujarnya mencontohkan.

    Seperti diberitakan sebelumnya, tahun 2016 ini, tiga pasar yang berada di wilayah kabupaten  berslogan Beriman ini akan direvitalisasi yakni Pasar Bocor Kecamatan Buluspesantren, Pasar Kuwarasan dan Pasar Candirenggo Kecamatan Ayah.

    Kabid Pasar Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar) Kebumen Drs Sigit Basuki mengatakan, Pasar Bocor akan dibangun 65 unit kios, dengan ukuran 3 x 4 meter dengan anggaran 10 miliar dengan dana bersumberkan dari dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan RI tahun 2016.

    Selain itu juga akan dibangun sebanyak 30 loos dengan ukuran 3 x 12 meter.  Nantinya Pasar Bocor juga akan dibangun Ruang klinik dan ruang menyusui (Laktasi), mushola, MCK, area Parkir, area bongkar muatan, tempat sampah dan ruang hijau. “Pasar Bocor mampu menampung 606 pedagang. Dengan revitalisasi diharapkan akan ada kenaikan omset 40-50 persen,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top