• Berita Terkini

    Monday, April 25, 2016

    Komunitas Teater Purworejo Dilirik TMII

    PURWOREJO- Komunitas Teater Purworejo (KTP) dilirik Taman Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur untuk berpartisipasi dalam event-event yang digelar pihak manajemen. Jalinan kerja sama itu terbuka menyusul kesuksesan pentas KTP dalam HUT ke-41 TMII tahun 2016 belum lama ini.

    Rombongan KTP berkesempatan tampil di lokasi Pameran Museum sekitar Sasana
    Kriya TMII pada 18 April 2016. Dalam keempatan itu, awak KTP sukses menyedot perhatian pengunjung TMII dengan dua kali tampil mengusung
    performance teater gerak berjudul "Opera Lereng Menoreh".

    "Konsep yang kami sajikan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yakni teater arena, tetapi dengan cerita yang berbeda sesuai dengan tajuk yang ditentukan pihak TMII," kata Eko Sutopo, Pemimpin Produksi KTP saat dikonfirmasi, Jumat (22/4).

    Eko melanjutkan, lakon yang dipentaskan dengan durasi lebih kurang 1 jam itu merupakan garapan dua seniman KTP, yakni Haryanto Djee dan Makhasin. Pertunjukan melibatkan sebanyak 20 personel KTP lintas generasi. Beberapa nama pemain dan krunya antara lain Melania Sinaring Putri, Harjito, Anwar, Beny Achmad, Achmad Fajar, Rini Setyoningsih, Affur Listyani, Dedy Harnanto, Maryanto, Aulia Rahmi Ariesta, Syarif, Choki, Dika, Asmaragama, dan Nurulfa.

    "Pementasan juga didukung oleh Bambang Uban, aktor Bengkel Teater Rendra Jakarta yang berasal dari Purworejo serta sejumlah teman KTP yang ada di
    Jakarta," jelasnya.

    Ketua KTP, Soiman mengungkapkan, Opera Lereng Menoreh mempresentasikan keberagaman seni dan budaya Indonesia. Namun, tidak sedikit kesenian tradisional di daerah tergempur oleh budaya barat. Akibatnya, kesenian lokal pun terancam punah.

    "Lewat lakon ini kami ingin menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan kesenian daerah," ungkapnya.

    Lebih lanjut Soiman berharap, KTP masih mendapat kepercayaan untuk kembali tampil membawa nama Purworejo ke kancah nasional dalam event-event lain, khususnya di TMII. Terlebih dalam evaluasi yang digelar di TMII, manajemen TMII diwakili oleh Kepala Bagian Program dan Hubungan Antarlembaga, Ismartianingsih, bersama stafnya RR Prima Purnama Sari, menyampaikan harapan agar KTP dapat tetap menjalin kerja sama.

    KTP dinilai memberi warna baru di TMII dengan bentuk suguhan teater yang selama ini belum pernah ada. "Kami berterima kasih kepada pihak TMII, Bupati Purworejo Agus Bastian, CPP, serta sejumlah pemerhati seni Purworejo yang telah mendukung misi KTP. Semoga KTP kedepan semakin eksis mencetak generasi muda berbudaya,” ungkapnya.(ndi)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top