• Berita Terkini

    Thursday, April 7, 2016

    "Kebumen Pancen Maen" Diusulkan Jadi Tagline Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Bupati Kebumen HM Yahya Fuad mewacanakan bakal membuat tagline baru untuk Kebumen. Tagline baru tersebut nantinya akan menjadi brand baru yang akan digunakan untuk kebutuhan promosi Kabupaten Kebumen, baik dibidang pariwisata, seni budaya, hingga investasi. Hingga saat ini, sejumlah usulan telah diterima bupati, salah satunya "Kebumen Pancen Maen".

    Bahkan tagline "Kebumen Pancen Maen" telah dijadikan tajuk pada pergelaran duta seni Kabupaten Kebumen di Anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, pada Minggu (3/4/2016) lalu. "Iya, kita sedang pilah-pilah mana yang cocok dijadikan tagline baru," kata HM Yahya Fuad, kepada Kebumen Ekspres, Rabu (6/4/2016).

    Kebumen Pancen Maen menjadi salah usulan yang diperhatikan bupati lantaran sangat melekat dengan Kebumen. Selain itu, secara pengucapan Kebumen Pancen Maen juga tidak susah diucapkan. Selain juga kalimat tersebut juga lebih membumi di Kebumen.

    "Akhiran Kebumen Pancen Maen, semuanya pakai en en en, itu kan enak didengarkan dan diucapkan," ujar Bupati, yang dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang pada 17 Februari 2016 lalu.

    Bupati yang berlatarbelakang pengusaha ini juga mengungkapkan, selain Kebumen Pancen Maen, pihaknya juga menerima usulan tagline baru lainnya, yakni Kebumen Never End dan Kebumen Ora Baen-baen. "Kita akan kaji nanti. Kita harapkan dengan tagline baru akan menjadi spirit baru untuk membangun Kebumen," tegasnya.

    Tagline Kebumen Pancen Maen, dikenalkan oleh sejumlah wartawan yang bertugas di Kabupaten Kebumen sejak delapan bulan lalu. Berbagai usaha dilakukan untuk membumikan bakal tagline itu, diantaranya dengan menggelar lomba foto, hingga penggunaan hastag Kebumen Pancen Maen (#kebumenpancenmaen) di berbagai media sosial facebook, twitter dan instagram. Hingga saat ini ribuan hastag Kebumen Pancen Maen (#kebumenpancenmaen) sudah mulai dikenal luas masyarakat Kebumen.

    Wacana tagline baru tersebut disambut positif oleh Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kebumen. Ketua DKD Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo mendukung penuh wacana yang dilontarkan Bupati HM Yahya Fuad.

    "Tagline yang akan menjadi motivasi untuk semakin bangga dengan Kebumen memang sangat dibutuhkan. Ini memang sangat tepat untuk promosi," kata Pekik Sat Siswonirmolo, saat dihubungi melalui ponsel pribadinya. Kemarin.

    Menurut Pekik, sebuah tagline harus menggunakan kalimat yang komunikatif. Selain juga, semestinya mengandung motivasi atau suatu ajakan  secara dinamis dan bersahaja untuk berbuat sesuatu, harapan atau cita-cita yang akan dicapai dengan mempertimbangkan citra karakter lokal.

    "Atas pertimbangan itu maka setiap menutup acara Pawartos Kebumen, maupun acara Prasojo Show di Ratih TV Kebumen, saya selalu mengatakan " Kebumen Kudu Tambah Maen"," ujarnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top