• Berita Terkini

    Saturday, April 30, 2016

    Kebumen Futsal League Resmi Diputar 5 Mei, Diikuti 42 Tim

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Gelaran Kebumen Futsal League (KFL) 2016 banjir peserta. Kompetisi resmi futsal edisi perdana yang diselenggarakan Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Kebumen itu bakal diikuti sebanyak 42 klub futsal dan akan berlangsung 5 Mei hingga 4 Juni 2016 mendatang. Babak penyisihan akan dilangsungkan di tiga tempat,  sementara putaran final bakal digelar di Lapangan Futsal Lembusakti Kedungbener, Kebumen.

    Ketua Pelaksana, Ahmad Kurniawan, Jumat (29/4/2016), mengatakan KFL 2016 bakal diputar dengan format kompetisi seperti halnya piala dunia.  Pada pelaksanaannya, para peserta akan dibagi menjadi 3 regional yakni Barat, Tengah dan Timur. Untuk regional Barat terdiri dari 8 tim yang akan melakoni pertandingan di lapangan futsal GGF Purbowangi Gombong pada 21-22 Mei.

    Sementara di regional Tengah (Kebumen) terdapat 24 tim yang bertanding di Lembu Sakti Futsal Kedungbener pada 5-8 Mei. Adapun 10 tim bersaing di wilayah timur yakni di Lestari Futsal Kutowinangun 14-15 Mei.

    Di babak penyisihan ini akan menggunakan format setengah kompetisi. Dari 42 tim peserta akan diambil 9 terbaik yang terdiri dari 1 tim dari wilayah Timur, 6 dari Regional Tengah dan 2 tim dari Regional Barat.

    "Khusus di regional Timur atau Kutowinangun sudah ada kompetisi rutin yang diputar. KFL mengakomodir mereka, sehingga satu tim yang lolos ke 9 besar adalah juara di dari kompetisi yang telah diselenggarakan," kata kata Ahmad Kurniawan yang kemarin didampingi Sekretaris, M Mahfudin.

    Selanjutnya, sembilan tim bakal mengikuti babak grand final yang mulai digelar pada 28 Mei. "Dari jumlah tersebut akan ada empat tim yang masuk final four atau babak semifinal yang langsung diteruskan babak final pada 3-4 Juni," kata Ahmad Kurniawan.

    Di babak ini, para peserta akan mengikuti kompetisi dengan sistem Kitfutsalismo. Yakni, para peserta diundi kembali untuk menentukan urutan tim dari satu sampai sembilan. Lalu, setiap tim akan bertanding dengan tim yang berada di urutan  atas dan bawahnya sebelum diambil 4 tim dengan peringkat teratas yang kemudian berhak maju ke babal semi final (final four). “Empat tim terbaik akan masuk babak semi final berdasarkan perolehan poin atau selisih gol, ” imbuh Ahmad Kurniawan.

    Upacara pembukaan direncanakan akan berlangsung di Lapangan Futsal Kedungbener pada 5 Mei dengan disemarakkan berbagai hiburan. Adapun bagi pemenang, penyelenggara telah menyiapkan hadiah puluhan juta rupiah . (cah)




    Berita Terbaru :


    Scroll to Top