• Berita Terkini

    Monday, April 25, 2016

    Istri Ketua DPRD Jabat Ketua IWAPI Kebumen

    imam/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hj Ristawati Purwaningsih SST menjabat Ketua Dewan Perwakilan Cabang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (DPC IWAPI) Kebumen yang baru menggantikan Ketua sebelumnya,  Hj Sutini Seger Sudarajat. Pelantikan kepengurusan IWAPI yang baru periode 2016-2021 dilakukan di  rumah Makan Candisari Kebumen, Senin (25/4/2016).

    Hadir dalam pelantikan yang sekaligus dibarengkan dengan peringatan HUT IWAPI ke XXXV tersebut, Ketua DPP IWAPI Jateng Astri Wibowo SSos, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kebumen H Abdul Karnaen Mardjuned, Mantan Ketua IWAPI Kebumen Sutini Seger Sudrajat, Asisten III Sekda Kebumen Dra Dyiah Woro Palupi, dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan Kebumen Hj Zubaedah Supriyadi.

    Ristawati yang tidak lain adalah istri Ketua DPRD Kebumen Cipto Waluyo, mengatakan di era Masyarakat Ekonomi Asian (MEA), perempuan harus mengambil peran. Salah satu yang bisa dilakukan dengan menjadi wira usaha atau pengusaha. Selain membangun perekonomian keluarga, berwira usaha menjadi bentuk kontribusi perempuan dalam rangka memerangi angka kemiskinan di Kabupaten Kebumen yang saat ini masih menduduki peringkat kedua termiskin se-Jawa Tengah.

    Ristawati menambahkan, terdapat tiga hal yang dilakukan IWAPI untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan di kalangan perempuan. Yakni memberi dan menjadi contoh bagi wanita yang terjun di dunia usaha, membantu memberikan semangat kepada perempuan serta aktif dalam mengusahakan pelatihan kewirausahaan kepada kaum perempuan. “Hal ini sesuai dengan misi dan visi IWAPI yang juga membantu pemerintah dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi,” katanya, Senin (25/4).

    Untuk mewujudkan percepatan ekonomi tersebut, DPC IWAPI Kebumen, yang merupakan wadah berkumpul dan berkaryanya para wanita pengusaha, berkomitmen dan selalu berusaha memberikan sumbangan yang nyata. Baik itu berupa ide, tenaga maupun karya dalam pembangunan daerah. “Dengan kinerjalah, kontribusi kita sebagai wanita pengusaha dapat dirasakan oleh masyarakat dimana kita berada,” tutur Ristawati.

    Sementara itu, dalam sambutannya Astri Wibowo SSos menyampaikan, dalam mengadapi MEA, IWAPI akan terus melakukan terobosan dan upaya untuk meningkatkan pengusaha wanita. Adapun cara yang akan dilakukan diantaranya meningkatkan produk usaha, melakukan pelatihan dan menjalin kerja sama dengan perbankan tekait permodalan usaha bagi anggota IWAKPI.”Selain itu kami juga melakukan upaya untuk memperkenalkan produk UMKM para anggota,” paparnya, sembari menambahkan kini anggota IWAPI sebanyak 2.362 orang dan 85 persen dari anggota tersebut merupakan UMKM.

    IWAPI juga mendapatkan dukungan dari Bupati Kebumen H Ir Muhammad Yahya Fuad SE. Dalam sambutan yang dibacakan oleh Dyah Woro Palupi, Bupati mengatakan, wanita merupakan aset perekonomian dan intelektualitas.  Maka dari itu peran IWAPI sangat strategis untuk membangun dan mengawal perkembangan wanita di Kebumen. “Saya berharap pengurus yang baru ini dapat segera merumuskan program kerja,” paparnya.

    Sementara itu Hj Zubaedah Supriyadi menghimbau kepada semua pengurus yang baru agar dapat bekerja dengan maksimal dan bersunggguh-sungguh dalam membangun wanita menjadi pengusaha yang andal. “Bekerjasamalah dengan pemerintah, dan kembangkan potensi wanita, minimal untuk membatu perekonomian keluarga,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top