• Berita Terkini

    Monday, April 18, 2016

    Hebat, Pemuda Purworejo Ikuti Kompetisi Gitar di Italia

    andi/ekspres
    PURWOREJO - Roby Handoyo (22), pemuda asal Desa Wonoenggal Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo, akan mewakili Indonesia mengikuti kompetisi gitar bertaraf internasional di Italia. Putra ke empat dari lima bersaudara pasangan Pratikno Adi Winangun (56) dan Sulastri (53) itu, mendapat undangan untuk mengikuti kompetisi di Italia pada tanggal 5 Mei 2016 mendatang. Selama dua minggu disana, ia bersama group music Nocturnal Guitar Quartet yang dibentuk bersama ketiga rekannya, yakni Adi Suprayogi dari Magelang, Faisal Andrian dari Mojokerto, Gita Puspita Asih dari Solo, juga akan menggelar konser Pribadi.

    “Selain mengikuti kompetisi, kita juga ditawari untuk mengadakan konser sendiri di kota Calabria. Kita konser dulu di Calabria, setelah itu mengikuti kompetisi di kota Philadelphia,” terang Roby saat ditemui setelah bertemu Bupati Purworejo di Kantor Bupati Purworejo, Senin (18/4). Roby bertemu Bupati dalam rangka pamitan dan mohon doa restu.

    Awalnya, Roby bersama Nocturnal Guitar Quartet membuat beberapa video permainan gitar yang diupload ke media youtube. Saat video tersebut ditunjukkan kepada panitia kompetisi tersebut, mereka tertarik. “Kita mengunggah video yang musiknya mengangkat music tradisi dari Bali, lalu kita tunjukkan kepada panitia kompetisi ini di Itali, lalu mereka tertarik dan mengirimi kami undangan untuk datang kesana berempat. Selain mengikuti kategori ensamble dengan empat orang, saya juga ikut yang kategori solo,” katanya.

    Roby menambahkan, semua akomodasi selama disana, termasuk hotel itu sudah ditanggung dari pihak panitia. Sedangkan biaya perjalanan, dari passport hingga tiket keberangkatan sudah dibiayai oleh kampus. Roby merupakan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Angkatan 2012, yang mengambil pendidikan seni musik. Setelah mengikuti kompetisi di Italia, pada bulan Agustus juga akan mengikuti kompetisi internasional di Yogyakarta.

    “Mohon doa restu kepada seluruh masyarakat Purworejo, agar saya  disana dapat memperoleh hasil yang maksimal. Buat adik-adik yang sedang belajar dan ingin meraih cita-citanya, jangan patah semangat. Tidak ada yang tidak mungkin, kalau kita berusaha pasti bisa,” tutur Roby seperti dilansir purworejokab.go.id.

    Pratikto, sang ayah yang tidak pernah mengenyam pendidikan formal, merasa sangat sangat senang anaknya bisa sekolah sampai perguruan tinggi. Ia berharap Roby dapat mengangkat derajat keluarga dan bisa bermanfaat bagi semua orang. “Saya senang anak saya bisa sekolah sampai perguruan tinggi. Mudah-mudahan nanti ilmunya bisa bermanfaat semua orang di Purworejo, Indonesia khususnya. Saya merasa bangga. Mudah-mudahan bisa mengangkat derajat keluarga dan jadi anak yang soleh. Maaf dulunya saya gak sekolah,” terang Pratikto sembari terharu.

    Sementara itu, Sugeng Santosa, Sekratris Komisi B dari Fraksi Demokrat yang mendampingi Roby saat bertemu Bupati mengatakan, merasa bangga Purworejo mempunya generasi muda yang berprestasi. Sugeng mengajak generasi muda untuk selalu berusaha dan berjuang dalam meraih cita-cita. “Saya merasa bangga punya genarasi muda yang berprestasi. Mudah-mudahan apa yang dicita-citakan bisa juara. Untuk generasi muda lainnya, jangan sungkan-sungkan, jangan patah semangat, untuk selalu berusaha dan berjuang. Perjuangan itu tidak harus orang yang pintar, tetapi soal perjuangan, orang pintar dan orang bodoh itu sama, ketika ada niat, dengan hati yang tulus dan kita punya dasar ketekunan pasti akan berhasil,” ujarnya. (*)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top