• Berita Terkini

    Saturday, April 23, 2016

    Hari Bumi, Sumanto CS Bersih-bersih Sungai

    cahyo/radarbanyumas
    PURBALINGGA - Anggota Panti Rehabilitasi Mental Sosial, Jiwa, dan Narkoba Purbalingga memeringati Hari Bumi dengan membersihkan Kali Jubaya, Desa Tlahab Kidul, Karangreja, Jumat (22/4/2016). Belasan anak asuh mengikuti kegiatan tersebut, termasuk Sumanto..

    “Kegiatan ini tak hanya karena momen Hari Bumi, namun rutin. Hanya saja, karena bertepatan dengan hari bumi, maka kami mencoba memberikan contoh yang positif kepada warga sekitar dengan bersih- bersih lingkungan, termasuk sungai,” ungkap Supono, Jumat (22/4).

    Dia juga ingin menunjukkan jika anak asuh atau pasien gangguan jiwa dan narkoba yang memiliki kekurangan bisa memberikan contoh yang baik. Selain itu kegiatan ini sebagai salah satu terapi agar mereka bisa lebih siap ketika kembali ke masyarakat.

    “Secara tidak langsung kegiatan ini seharusnya mengingatkaan kepaada kaum yang sehat jiwa dan raganya. Mereka yang kondisinya seperti ini saja, peduli pada kebersihan alam. Jika orang normal masih suka membuang sampah ke sungai, harusnya malu,” ujarnya.

    Sementara itu, secara umum dalam penanganan penderita penyakit kejiwaan dan korban penyalahgunaan narkoba, dilakukan Supono dengan beberapa metode. Selain dengan cara Ilmiah atau penanganan medis, juga harus didukung dengan metode Alamiah dan Ilahiah lewat doa dan Rukyah bersama.

    Pada kegiatan itu, tak ketinggalan Sumanto menjadi perhatian warga. Mereka yang maish takut dengan sosok Sumanto berubah menjadi dekat dan beberapa bahkan meminta foto bersama.  Supono mengklaim jika Sumanto sudah semakin menyadari dirinya dan peduli kepada lingkungan. (amr)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top