• Berita Terkini

    Tuesday, April 12, 2016

    Desa Pandansari Jadi Sasaran TMMD

    SERTU MACHFUD FOR EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Desa Pandansari Kecamatan Sruweng menjadi sasaran Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96 Kodim 0709/Kebumen tahun 2016. Kendati masih harus menunggu kapan persisnya pelaksanaan TMMD, Kodim 0709 Kebumen telah melaksanakan kegiatan pra TMMD dimulai tanggal 4 April hingga 4 Mei 2016.

    Adapun beberapa kegiatan yang pra TMMD yang sudah dilaksanakan yakni, tasyakuran pembukaan, pembuatan pondasi jembatan, penyediAan bis gorong-gorong dan lain sebagainya.

    Dandim 0709/Kebumen Letkol Czi Priyo Sambodo mengatakan, serangkaian pembangunan di wilayah pedesaan pada program TMMD, dilaksannakan dengan cara memberdayakan potensi wilayah yang ada di masyarakat. Kesejahteraan masyaralat menjadi faktor penting dalam upaya pencapaian sasaran pembangunan. “Dengan program TMMD diharapkan Kemanunggalan TNI dan rakyat dapat terwujud dan terpelihara dengan baik serta harmonis,” tuturnya.

    Dijelaskannya, kegiatan TMMD reguler ke-96 dilaksanakan secara terpadu, bekesinambungan dan lintas sektoral. Kegiatan akan dimulai dari tahap perencanaan, persiapan, pengawasan dan evaluasi. Lebih lanjut Priyo Sambodo menjelaskan Kodim 0709/Kebumen memprioritaskan pelaksanaan TMMD tahun 2016 ini pada desa tertinggal. “Adapun sasaran pembangunannya meliputi normalisasi saluran drainase dan penyuluhan teknologi tepat guna. Hal ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” katanya.  

    Program TMMD juga membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembanguan fisik dan non fisik. Hal ini singkron dengan program Bupati Kebumen Ir Mohammad Fuad Yahya SE yang juga gencar dalam melaksanakan program penanggulangan kemiskinan. Terlebih saat ini Kabupaten Kebumen masuk dalam urutan ke dua Kabupaten termiskin se Jawa Tengah.

    Priyo Sambodo menambahkan sasaran fisik program TMMD diantaranya tersedianya fasilitas jalan penghubung antar desa dan saluran drainase yang memadai. Selain itu meningkatnya fasilitas rumah sehat bagi masyarakat dan meningkatnya kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    Adapun yang menjadi sasaran non fisik TMMD diantaranya meningkatnya kesadaran masyarakat tentang wawasan Kebangsaan dan bela negara. Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap program Keluarga Berencana (KB) dan kependudukan Nasional serta hidup sehat. Selain itu TMMD juga mempunyai sasaran untuk meningkatkan kesadaran masyarakat  tentang kesadaran hukum dan bahaya Narkoba serta bahaya terorisme dan  meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap program Pemerintah tentang administrasi sistem kependudukan dan peningkatan kesejahteraan.

    Lebih lanjut dijelaskan, untuk jenis sasaran fisik diantaranya, pembangunan jalan rabat beton, pembuatan plat dueker dan pembuatan gorong-gorong serta rehab rumah tak layak huni (RTLH). Sedangkan untuk sasaran non fisik meliputi, penyuluhan bela negara, penyuluhan kadarkum, penyuluhan UMKM, penyuluhan tenaga kerja, Sosialisasi BPJS Kesehatan dan penyuluhan reproduksi sehat.

    Selain itu terdapat juga Penyuluhan Bahlatkom, Gultor/penanggulangan teroris, penyuluhan percepatan penganekaragaman konsumsi berbasis, pangan lokal, pembinaan perangkat desa, penyuluhan kependudukan dan catatan sipil, pasar rakyat dan pemutaran film. “Dalam pelaksanaan program TMMD juga bekerjasama dengan instansi pemerintah terkait,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top