• Berita Terkini

    Sunday, April 10, 2016

    Beri Kesempatan Kader Muda, Barli Halim Putuskan Tak Maju Lagi

    fuad/ekspres
    Bursa Ketua DPD PAN Kebumen 2016-2021
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Tampuk pimpinan Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Kebumen dipastikan akan berganti. Ini setelah ketua incumbent, H Barli Halim SE menegaskan tidak akan maju lagi dalam pemilihan Ketua DPD PAN Kebumen periode 2016-2021 di ajang Musyawarah Daerah (Musda) IV yang rencananya akan digelar 1 Mei 2016 mendatang.


    Barli lebih memilih memberikan kesempatan kepada kader-kader muda untuk memimpin partai berlambang matahari terbit tersebut. Meski secara aturan partai, Barli sebenarnya masih dibolehkan maju lagi, meski sudah menjabat selama dua periode.

    "Berpolitik harus ada regenerasi, agar roda partai berjalan dinamis, tetap kompetitif dan merespon dengan baik dinamika politik yang terjadi," tandas Barli pada acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PAN Kebumen di Hotel Candisari Karanganyar, Sabtu (9/4/2016).

    Hadir pula dalam acara tersebut Wakil Ketua Umum DPP PAN, Ir H Taufik Kurniawan MM, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Provinsi Jawa Tengah Wahyu Kristianto dan Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz. Ratusan kader PAN dan tujuh anggota Fraksi PAN DPRD Kebumen juga ikut hadir dalam pembukaan Rakerda tersebut.
    Menurut Barli, regenerasi penting dilakukan mengingat tantangan politik Indonesia, termasuk di Kebumen sangatlah kompleks. Apalagi PAN Kebumen telah mencanangkan menjadi pemenang pada Pemilu 2019 mendatang. Karena itulah, dengan adanya pemimpin baru, diharapkan muncul pula ide-ide baru yang lebih segar agar target partai bisa tercapai.

    Meski tak lagi menjabat Ketua DPD PAN, namun Barli menegaskan tidak akan begitu saja meninggalkan partai yang telah membesarkan namanya selama ini. Dia akan tetap aktif di partai dengan masuk di jajaran Majelis Pertimbangan Partai (MPP). Mengabdi kan tidak mesti harus jadi ketua partai. Yang jelas saya akan tetap ngawal dan ngurusi PAN Kebumen melalui MPP," imbuhnya.

    Barli menambahkan, PAN Kebumen membutuhkan regenerasi kepemimpinan secara demokratis melalui ajang Musyawarah Daerah (Musda). Karenanya, semua kader partai yang mumpuni dan punya integritas harus diberikan kesempatan yang sama untuk memimpin DPD PAN Kebumen.

    Selama 10 tahun menakhodai DPD PAN Kebumen sejak 2006, Barli Halim mampu mengangkat PAN menjadi partai yang diperhitungkan. Indikasinya, perolehan kursi DPRD Kebumen yang naik secara signifikan, dari hanya dua kursi di Pemilu Legislatif (Pileg) 1999 menjadi tujuh kursi di Pileg 2014 kemarin. PAN juga sukses memenangkan dua Pilkada Kebumen. Yakni pasangan Buyar Winarso-Djuwarni di Pilkada Kebumen 2010 dan pasangan Yahya Fuad-Yazid Mahfudz di Pilkada 2015. (has)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top