• Berita Terkini

    Saturday, April 16, 2016

    Bantu Petani, TNI Luncurkan Sergap

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Selain melakukan pembinaan kepada para petani untuk terus meningkatkan hasil produksinya, Kodim 0709/Kebumen juga melaksanakan pendampingan penjualan gabah hasil panen.  Pendampingan penjualan gabah dilaksanakan pada melalui Sergap, yang mempunyai akronim serap gabah petani.

    Sergap, akan membantu petani agar harga gabah tidak terus anjlok pada masa panen. Dalam hal ini KOdim 0709/Kebumen berjasama dengan Bulog untuk menjaga kestabilan harga gabah. Selain itu, jika memang dibutuhkan, TNI akan membantu armada pengangkutan gabah dari desa ke bulog menggunakan truk kodim.

    Dandim 0709/Kebumen Letkol Czi Priyo Sambodo SIP mengatakan, pihaknya bersama Bulog akan turun ke lapangan untuk membeli gabah dari para petani. Saat ini Kodim 0709/Kebumen telah mendapatkan gabah 1500 ton dari target 16 ribu ton pertahun. “Ujung tombak pelaksanaan Sergap ini adalah para Babinsa yang bertugas di setiap desa, tentunya dibawah komando masing-masing Koramil di setiap kecamatan,” tuturnya, saat jumpa pers di Royal Cafe, Jumat (15/4/2016).


    Dijelaskannya, dari jumlah 1500 ton yang sudah didapat tersebut, diantaranya berasal sejumlah kecamatan diantaranya Kecamatan Klirong 15 kuintal, Kecamatan Adimulyo 15 kuintal, Kecamatan Kuwarasan 12 kuintal, Kecamatan Sempor 15 kuintal ditambah dengan sejumlah kecamatan lain. “Ini merupakan bentuk keseriusan TNI dalam mengawal program swasembada pangan yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo,” katanya.

    Lebih lanjut dijelaskan, untuk mencapai target 16 ribu ton pertahun, para Babinsa telah ditugaskan terus membantu dan mendorong para petani dalam mengelola lahan pertaniannya. Pendampingan yang dilakukan mulai dari penyiapan lahan, penanaman pemupukan, pemeliharaan tanaman hingga saat pemanenan. “Babinsa juga terus melakukan himbauan dan turun langsung ke lapangan,” ujarnya sembari berharap petani segera memulai penanaman MT 2 usai melaksanakan panen MT 1 sekarang ini.

    Selain melakukan mendampingi kepada para petani, Kodim 0709/Kebumen juga mempunyai program peternakan dengan sistem gaduh (bagi hasil). Pelaksanaan program ternak tersebut, untuk saat ini masih difokuskan di kawasan pesisir selatan Kebumen. Adapun beberapa program peternakan diantaranya, pembesaran ayam, kambing dan burung puyuh. “Sedangkan keuntungan dari bagi hasil tersebut, akan kembali digunakan untuk membeli ternak, dan dikelola berkerjasama dengan masyarakat,” paparnya.

    Priyo Sambodo menambahkan, tujuan dari program tersebut adalah semata-mata untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Mekanismenya, masyarakat menyediakan lahan, adapun bibit ternak dan obat-obatan dari Kodim. "Program yang dicanangkan oleh KOdim 0709/Kebumen merupakan wujud manunggalnya TNI dengan masyarakat," ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top