• Berita Terkini

    Saturday, April 16, 2016

    350 Qori Ikut Pembinaan

    IMAM/ESKPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 350 qori dan qoriah mengikuti pembinaan Qori tahun 2016. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemkab melalui Bagian Kesra Setda bekerjasama dengan Jamiyyah Qurra Qalhuffadz (JQH) tersebut dilaksanakan di Pendopo rumah dinas bupati Kebumen, Jumat (15/4/2016). Kegiatan dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kebumen Adi Pandoyo dan mendatangkan narasumber qori tingkat Nasional dan Internasional dari Jakarta, Dra Hj Maria Ulfah MA.

    Bupati Kebumen, M Yahya Fuad melalui sambutan yang dibacakan Sekda H Adi Pandoyo SH MSi mengatakan, bidang tilawah di Kebumen terus berkembang menyusul perolehan sejumlah prestasi di tingkat provinsi dan nasional. Bahkan salah satu qori (seni membaca Alquran), Siti Badi'atul Firdaus meraih juara nasional pekan RRI. Qoriah yang masih duduk di SD tersebut juga menjadi qori terbaik tingkat Jateng dan masuk 10 besar tingkat nasional.

    Untuk mempertahankan prestasi tersebut, Adi Pandoyo memandang, perlu adanya regenerasi qori agar prestasi yang diperoleh tersebut bertambah banyak dan berkesinambungan. Sehingga, pembinaan menjadi sebuah kebutuhan mutlak. Selain demi prestasi, pembinaan Qori dan Qoriah juga dapat menjadi ajang silaturami sekaligus motivasi tersendiri bagi calon qori," katanya.

    Pembinaan qori juga penting dan strategis untuk menyiapkan qori handal, serta menanamkan nilai-nilai religius, dan ahlak mulia. "Kami berpesan agar peserta mencermati dan memahami, apa yang disampaikan oleh pemateri, sehingga kualitas sebagai qori akan meningkat," kata Bupati.

    Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyinggung tentang Pasal Baca Tulis Alquran (BTQ) Raperda Pendidikan yang saat ini tengah digodok oleh Pansus I DPRD Kabupaten Kebumen.  Terkait hal tersebut, bupati telah mendorong agar BTQ diterapkan di sekolah-sekolah. "Ini tentu hal yang membanggakan karena anak didik di SD dan SMP bisa baca tulis Alquran dengan baik dan benar," terangnya, sembari menambahkan, tidak hanya mendorong adanya BTQ di sekolah-sekolah, bupati juga memperhatikan para guru ngaji/TPQ.


    Kabag Kesra Setda Pemkab Kebumen Siti Nuriyatun Fauziyah menambahkan, dengan mengundang qori yang berpangalaman diharapkan, para peserta dapat belajar dengan baik, mulai dari teknik membaca Al Quran serta meneladani kisah perjalanan dari sang pemateri. "Semula ditarget 250 peserta, namun saking antusiasnya masyarakat kini acara pembinaan dihadiri oleh 350 peserta," ucapnya sembari mengatakan, tema kegiatan itu adalah "Dengan semangat RA Kartini, kita tingkatkan, penghayatan dan pengamalan Al Quran, untuk terwujudnya masyarakat Kebumen yang Agamis" . (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top