• Berita Terkini

    Monday, March 7, 2016

    Satpol PP Diminta Kedepankan Sisi Humanis

    ilustrasi
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Polisi Pamong Praja  dalam menjalankan tugasnya diharapkan mengedepankan sisi humanis.  Pendekatan  humanis diperlukan, mengingat objek pelayanan Polisi Pamong Praja adalah warga masyarakat. sehingga sentuhan kemanusiaan sangat dibutuhkan. Layanan  yang penuh   dengan Salam, Sapa dan Senyum atau “3S” sangat diperlukan  untuk  menunjukan bahwa Polisi Pamong Praja  adalah pribadi-pribadi yang ramah serta tulus dalam memberikan pelayanan.

    Hal tersebut disampaikan Bupati Kebumen Ir H Mohammad Yahya Fuad, SE  dalam sambutannya  saat  upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP Ke-66, Satlinmas Ke-54, dan Hari Pemadam Kebakaran Ke–97 Tingkat Kabupaten Kebumen, di halaman Setda Kebumen, belum lama ini.
    Bupati mencontohkan, ketika  Satpol PP  harus  melakukan penegakan disiplin terhadap   warung makan yang  buka saat bulan ramadahna, tentu  tidak secara paksa dan serta merta melakukan  pembongkaran paksa.

    "Lakukan pendekatan secara persuasif terlebih dahulu kepada pemilik warung," kata bupati.

    Selain dengan  bersikap humanis, Satpol PP diharapkan  juga memiliki  dedikasi  yang tinggi, disiplin dan  bersikap tegas dan menjalankan tugasnya.   Dedikasi bisa dimaknai memiliki totalitas dalam bekerja untuk berbakti kepada nusa dan bangsa. Selain itu , sikap yang mutlak harus dimiliki Satpol PP adalah disiplin. Satpol PP   juga  harus  menertibkan diri sendiri sebelum menertibkan orang lain.  Serta memiliki sikap tegas  dan  tidak ragu-ragu dalam pengambilan keputusan, tentunya  yang didasari  perundang-undangan.

    Keberadaan  Satpol PP memiliki peranan penting dan strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah maupun secara nasional. Tugas dan tanggungjawab Polisi Pamong Praja dalam mengamankan program-program pemerintah daerah, khususnya dalam penegakan Peraturan Daerah sangat diperlukan, sekaligus memantapkan posisinya sebagai salah satu unit kerja di dalam struktur Pemerintah Daerah untuk mendukung suksesnya pelaksanaan program pemerintah.

    Sementara  terhadap anggota Satlinmas , Bupati berharap agar  Satlinmas   bisa menjadi contoh yang baik, sekaligus sebagai penggerak masyarakat di lingkungannya.  Terkait peringatan Hari Pemadam Kebakaran, Bupati mengajak Bupati juga  mengajak untuk melakukan perang terhadap kebakaran, dengan mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan daripada responsif. Apabila terjadi kebakaran lakukan segera pemadaman dini, jangan membiarkan api tumbuh menjalar dan membesar, sehingga dapat menimbulkan korban jiwa dan kerugian materi. (*)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top