• Berita Terkini

    Monday, March 14, 2016

    Rebut Adipura "Andalkan" Roda Tiga

    SUDARNO AHMAD/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Meski berkali-kali gagal meraih penghargaan Adipura, Pemkab Kebumen tak pernah kapok mengejar ambisi untuk dapat memboyong penghargaan di bidang lingkungan itu ke Kebumen. Bahkan untuk mewujudkannya, tahun ini Pemkab Kebumen menyerahkan bantuan armada pengangkut sampah kepada sembilan kelurahan dan desa.

    Penyerahan bantuan berupa kendaraan roda tiga tersebut diserahkan Bupati HM Yahya Fuad, kepada penerima di halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati, Sabtu (13/3/2016) sore. Adapun kelurahan/desa penerima merupakan pendukung Adipura.

    Bupati HM Yahya Fuad, mengatakan bantuan  tersebut guna mendukung usaha meraih penghargaan Adipura 2016. "Diberikan kepada sembilan kelurahan dan desa pendukung Adipura, berupa kendaraan roda tiga untuk mengangkut sampah," kata HM Yahya Fuad.

    Ia menjelaskan tentang pentingnya armada pengangkut sampah tersebut yang antara lain meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaan terkait dengan masalah persampahan.

    Rencananya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan penilaian Adipura di Kebumen mulai Senin (14/3) kemarin. Sejumlah lokasi yang akan dipantau tim penilai Adipura dari kementerian tersebut, antara lain kawasan perumahan, jalan, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, rumah sakit dan puskesmas.

    Selain itu, lokasi hutan kota, taman kota, stasiun kereta api, perairan terbuka, terminal angkutan umum, tempat pembuangan akhir sampah, bank sampah, dan fasilitas pengelolaan sampah. "Kita semua memiliki tanggung jawab yang penting dalam menjaga kebersihan lingkungan, juga dalam pengelolaan persampahan," ujarnya.

    Yahya Fuad mencontohkan tentang pentingnya masyarakat membiasakan diri untuk memilah sampah dengan menggunakan tong atau drum sampah secara terpisah. Untuk sampah plastik, sampah kertas, sampah besi atau kaca, serta sampah organik.

    Ia menyebutkan bahwa pemilahan dan pengelolaan sampah menjadi salah satu kriteria wajib dalam penilaian Adipura. Fuad menjelaskan beberapa upaya yang telah dilakukan Pemkab Kebumen untuk meningkatkan peran masyarakat dalam pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan. Antara lain sosialisasi dan pendampingan kepada masyarakat untuk memperbanyak bank sampah, penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) di masyarakat, dan membuat percontohan bangunan taman serta ruang terbuka hijau.

    Selain itu, lanjut dia, melakukan berbagai inovasi dan edukasi tentang lingkungan hijau kepada berbagai komponen masyarakat.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top