• Berita Terkini

    Thursday, March 24, 2016

    Prajurit TNI Diajak Perangi Narkoba

    MAHFUD  FOR EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 125 peserta yang terdiri dari anggota TNI dan PNS mengikuti sosialisasi bahaya narkotika dan obat berbahaya (narkoba) yang digelar Kodim 0709/Kebumen. Kegiatan yang digelar di aula Makodim setempat, Rabu (23/3/2016) dibuka oleh  kepala Staf Kodim Mayor Inf Jumantar.

    Adapun yang menjadi nara sumber pada sosialisasi tersebut diantaranya Kepala BNK Kabupaten Kebumen atau Kakan Kesbangpol Kabupaten Kebumen Nurtaqwa setyabudi SH, Kasat Narkoba Polres Kebumen AKP Hari Harjanto SH dan Kasi Informasi Dinkes Kabupaten Kebumen Dra Tini Winastuti SApt.

    Komandan Kodim 0709/Kebumen Letkol Czi Priyo Sambodo SIP seperti disampaikan Mayor Inf Jumantar menyampaikan kegiatan sosialisasi tersebut merupakan tindak lanjut dari perintah pimpinan TNI yang disampaikan kepada seluruh prajurit.

    Semua prajurit TNI harus mengerti dan mengetahui serta memahami akan bahaya narkoba. Dengan demikian maka anggota TNI harus terhindar dari penyalah gunaan narkoba. Setelah menerima sosialisasi, bagi para prajurit diharapkan akan menyebarkan kepada masyarakat tentang bahaya narkoba. “Sosialisasi ini diharapkan untuk disebar luaskan dari anggota TNI kepada anggota keluarganya dan masyarakat sekitar,"tegasnya.

    Menurutnya, narkoba sangat berbahaya baik untuk kesehatan, psikologis maupun lingkungan sosial. Bahaya bagi kesehatan diantaranya, gangguan pada sistem saraf (neurologis), seperti Kejang-kejang, imajinasi, dan halusinasi. Gangguan pada paru-paru, sering sakit kepala, mual-mual dan  muntah, pengecilan hati dan insomnia. Dampak narkoba terhadap psikologis diantaranya, sering tegang dan gelisah, hilang rasa percaya diri, apatis, pengkhayal, penuh curiga,  menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal, sulit berkonsentrasi.

    Sementara itu  dampak narkoba bagi lingkungan sosial diantaranya, gangguan mental, anti-sosial dan asusila dan dikucilkan oleh lingkungan. “Maka dari itu jangan sampai mencoba walapun tergoda,” ucapnya pada sosialisasi yang di ikuti oleh peserta 125 orang diantaranya anggota TNI dan PNS Kodim 0709/Kebumen. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top