• Berita Terkini

    Monday, March 14, 2016

    Pesta Siaga Diikuti 960 Peserta

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebanyak 960 orang anggota Pramuka dari 26 Kwartir ranting (Kwarran), mengikuti kegiatan Pesta Siaga tingkat Kabupaten Kebumen tahun 2016 yang berlangsung di halaman Setda Kebumen, Sabtu (12/3/2016). Kegiatan yang digelar Kwarcab Kebumen itupun berlangsung meriah.

    Peserta tampak antusias mengikuti setiap tahapan kegiatan, terdiri dari pentas seni, PBB, puisi dan geguritan, tanah air Indonesia, tali temali, sandi dan sejumlah kegiatan lain. Pesta siaga dibuka langsung oleh Dra Hj Lilis Nuryani Yahya Fuad dan ditutup oleh  Zuhro Yazid Mahfudz. Tampak kemarin, Bupati Kebumen Ir Mohamad Yahya Fuad SE, Wakil Bupati KH Yazid Mahfudz, Ketua Kwarcab Kebumen H Adi Pandoyo SH MSi, jajaran SKPD Kebumen, dan pengurus, anggota Serta Mabicab Kwarcab Kebumen.

    Waka Bina Muda Kwarcab Kebumen sekaligus Ketua Panitia pesta siaga H Ahmad Ujang Sugiono SH dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Kwarcab Kebumen Edy Sukamsi SPd MPd mengatakan, setiap Kwarran mengirimkan dua barung putra dan dua barung putri. Kecuali Kwarran Ambal, Sadang Bonorowo dan Padureso. Ke empat Kwarran tersebut hanya mengirimkan satu barung putra dan satu barung putri.  "Pesta siaga diikuti 906 peserta dari 96 barung, yang terdiri dari 48 barung putra dan 48 barung putri.
    Menurutnya, pesta siaga merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melatih mental jasmani dan rohani serta untuk menciptakan generasi yang tangguh, mandiri, disiplin dan meneruskan perjuangan para generasi sebelumnya.
    Lebih lanjut dijelaskan, jika para siswa di masing-masing sekolahan/Gudep, seharusnya mempunyai kesempatan yang sama untuk dapat mengikuti pesta siaga ditingkat kabupaten. Dengan demikian setiap Kwarran hendaknya melaksanakan pesta siaga di wilayah masing-masing.

    Lebih lanjut Edy menyampaikan jika tiga barung tergiat putra dan putri akan berhak mewakili Kwarcab Kebumen untuk mengikuti pesta siaga tingkat Karesidenan Kedu pada tanggal 9 April mendatang di Kebupaten Magelang.

    Selain itu bagi peserta, pembina pendamping dan pimpinan Kontingen Pesta Siaga yang telah melaksanakan kegiatan dengan baik dan memenuhi syarat, berhak untuk menerima penghargaan.
    Adapun barung tergiat Putra dari  SD Negeri 1 Kebumen dari Kwarran Kebumen sebagai tergiat 1, menyusul  SD Negeri 1 Bojongsari dari Kwarran Alian sebagai tergiat 2 dan SD Negeri Tlogowulung yang juga dari Kwarran Alian sebagai tergiat 3.

    Sedangkan untuk barung tergiat putri berhasil diraih oleh SD Negeri 1 Kutosari dari Kwarran Kebumen sebagai tergiat 1, disusul SD Negeri 1 Sitiadi dari Kwarran Puring sebagai tergiat 2 dan SD Negeri 1 Kretek dari Kwarran Rowokele sebagai tergiat 3. “Keenam Barung tersebut akan mewakili Kwarcab Kebumen pada ajang Pesta Siaga tingkat Karesidenan Kedu,” ucap Edy. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top