• Berita Terkini

    Tuesday, March 15, 2016

    KSP CU Artha Swadaya Targetkan Rp 9 M

    CAH/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Artha  Swadaya (KSP CU Artha Swadaya) Gombong menargetkan dapat meningkatkan modalnya di tahun 2016. Bila di tahun 2015 telah memiliki aset Rp 8 miliar, jumlah tersebut diharapkan meningkat menjadi Rp 9 miliar di tahun 2016 ini.

    Itu disampaikan Ketua KSP CU Artha Swadaya, JB Sugeng Kartoasmo di sela-sela Rapat Anggota Tahunan (RAT) IX yang berlangsung di gedung Sasana Harjuna, Gombong, Minggu (13/3/2016) kemarin.

    Segenap pengurus dan anggota hadir dalam kegiatan yang mengagendakan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas itu. Tampak juga, Kepala Bidang Koperasi dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Dinas Koperasi dan UMKM) Agung Suprihaldoko SE.

    Sugeng Kartoasmo menyampaikan, sejauh ini, KSP yang dipimpinnya sudah memiliki sekitar 2300 anggota.  Mereka tersebar di wilayah Kecamatan Karanganyar, Gombong Ayah bahkan Sumpiuh dan Tambak Kabupaten Banyumas. "Sesuai dengan misi kami untuk memberdayakan perekonomian masyarakat dan ajaran sosial gereja, 70 persen anggota kami adalah masyarakat golongan ekonomi lemah," ujarnya yang kemarin didampingi pengurus, Ir Joko Waluyo.

    Untuk dapat masuk sebagai anggota KSP, anggota hanya ditarik simpanan wajib Rp 10 ribu. Tak heran, antusiasme warga masyarakat untuk menjadi anggota tinggi. Adapun layanan yang diperoleh, meliputi Simpanan Anak Sekolah (TAS), Simpanan Bunga Harian (Sibuhar), Simpanan hari Raya Umum (Sirayu), Simpanan Kapitalisasi (Sikapi) Simpanan Berjangka terencana (Sikaren), dan Dana Perlindungan Bersama (Daperma). Adapun tempat pelayanan, meliputi kantor pusat Jalan Gereja 10 Gombong. Selain itu, di tempat pelayanan Kecamatan Karanganyar, Demangsari Kecamatan Ayah, dan Kecamatan Sumpiuh  Kabupaten Banyumas.

    Kabid Koperasi pada Dinas Koperasi dan UMKM,  Agung Suprihaldoko mengapresiasi kinerja KSP CU Artha Swadaya. Dengan usia belum terlalu lama, aset Rp 8 miliar yang dimiliki sudah tergolong besar. Belum lagi, keterbukaan dan transparansi pengurus yang dinilainya sangat bagus, sehingga anggota dapat mengakses informasi secara detail.

    Bahkan, KSP CU Artha Swadaya yang sudah berbadan hukum 518.08/62/BH/XIV.12/VIII/2009 itu sempat mendapat penghargaan tiga besar koperasi berprestasi untuk tingkat Kabupaten Kebumen tahun 2014. "Kami meminta agar pengurus dapat terus menjaga komitmen dalam rangka memajukan koperasi," wanti-wanti Agung Suprihaldoko.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top