• Berita Terkini

    Monday, March 21, 2016

    Keluarga Kembali Bawa Vanda Pulang ke Rumah

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Kabar mengejutkan kembali datang dari Vanda Setianingrum, bocah berusia dua tahun penderita gizi buruk warga Desa Surorejan Kecamatan Puring. Baru dirawat empat hari di RS Margono Soekardjo Purwokerto, keluarga kembali membawa Vanda pulang ke rumah, Senin (21/3/2016).

    Kepulangan Vanda ke Kebumen disampaikan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Kebumen, dr Pudjo Trimakno, Senin sore. Menurut Pudjo, Vanda telah pulang ke rumah pada Senin siang. Meski menyayangkan hal tersebut, Pudjo mengaku tak bisa berbuat banyak. "Ya itu keputusan keluarga tentu kami tak bisa mencegahnya. Tapi setidaknya kami telah berusaha," katanya.

    Sebelum dibawa ke RS Margono Sukarjo, keluarga Vanda sudah memaksa pulang saat dirawat di RSUD dr Soedirman Kebumen. Melihat kondisinya saat itu yang memprihatinkan, Pudjo Trimakno bersama anggota DPRD Kebumen menjenguk dan memutuskan merujuk ke RS Margono Sukarjo pada Jumat (18/3). Pada Minggu (20/3), Bupati Kebumen HM Yahya Fuad menjenguknya di Purwokerto dan memastikan biaya perawatan Vanda ditanggung pemerintah sepenhnya melalui program BPJS.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen dr Rini Kristiani MKes yang ikut menjenguk Vanda ke Purwokerto mengatakan, kondisi Vanda selama dirawat di RS Margono  tak jauh berbeda seperti saat dirawat di RSUD dr Soedirman sebelumnya. Nyaris tak ada kemajuan.

    Melihat kondisinya, Vanda seharusnya dirujuk ke RSUP Sardjito Jogjakarta. Namun, demikian menurut Rini, itu tak harus dilakukan. Sebab yang diperlukan Vanda saat ini adalah membuatnya stabil terlebih dahulu. Dan, itu bisa dilakukan di Kebumen. "Tapi seringkali ada yang tidak sabar," katanya.

    Yang mesti dipahami, terang Rini, proses penyembuhan pada kasus gizi buruk disertai penyakit penyerta sepetrti yang dialami Vanda tak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Hal itupun sudah disampaikan kepada kakek nenek Vanda.

    Adapun penanganan medis yang dilakukan harus bertahap, dimulai dari membuat kondisi kesehatan Vanda stabil. Setelah kondisinya stabil, baru ditangani penyakit penyertanya."Setelah kondisinya stabil, pasien sebaiknya dibawa pulang ke Kebumen. Nantinya, akan ada kunjungan petugas medis ke rumah pasien," ujar Rini.

    Seperti diberitakan sebelumnya, Vanda sebelumnya dirawat di RSUD dr Soedirman. Meski baru dirawat seminggu dan kondisi kesehatannya belum memungkinkan, pihak keluarga memaksa pulang pada Senin (14/3). Apa yang menimpa Vanda mengundang keprihatinan banyak pihak. Hingga akhirnya pada Jumat (18/3), Ketua IDI Kebumen dr Pudjo Trimakno dan anggota Komisi B DPRD yang menjenguk ke rumah Vanda, memutuskan untuk merujuk ke RS Margono Soekardjo. Selain merujuk, mereka juga melakukan penggalangan dana untuk membantu menyembuhkan Vanda.

    Vanda selama ini hanya tinggal bersama kakek dan neneknya yang tergolong keluarga tak mampu di Desa Surorejan Kecamatan Puring. Nuryadi (67)-Sumarni (67) harus merawat cucunya akibat kelahiran Vanda tak diinginkan orang tuanya. Orang tua Vanda sendiri kini tinggal di luar kota.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top