• Berita Terkini

    Wednesday, March 30, 2016

    Jumbara PMR PMI Kebumen Diikuti 1.100 Pelajar

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Bupati Kebumen Ir H M Yahya Fuad SE membuka kegiatan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) PMR PMI Kebumen di Bumi Perkemahan Desa Widoro, Kecamatan Karangsambung.

    Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, Jumat-Minggu (25-27/3), diikuti sedikitnya 1.100 pelajar. Mereka adalah anggota PMR Madya (SMP) dan Wira (SMA) yang berasal dari 53 unit PMR di 53 sekolah se-Kabupaten Kebumen.

    Pembukaaan juga dihadiri Sekda H Adi Pandoyo SH MSi, Asisten I Sekda Drs Mahmud Fauzi MSi, Kepala Diparbud Drs H Heri Setyanto serta Ketua PMI Komper Wardopo.
    "Kegiatan ini sangat positif, apalagi dilaksanakan di hari libur panjang yang tidak lain demi mengikuti pendidikan kemanusiaan bersama PMI," sanjung bupati.

    Bupati Fuad menilai Jumbara merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter dalam menanamkan nilai kemanusiaan, kemandirian, dan siaga menghadapi bencana alam.
    Kader PMI

    Bupati juga menilai Jumbara merupakan wadah kegiatan pembinaan generasi muda. Sebab para anggota PMR Madya dan Wira adalah kader PMI di bidang sosial kemanusiaan di masa depan. "PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan tugas dan peran di bidang kesehatan, pendidikan bencana serta menyebarluaskan Tujuh Prinsip Kemanusiaan," bebernya.

    Melalui ajang Jumbara yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali ini, bupati Fuad berharap para pelajar anggota PMR Madya dan Wira bisa meingkatkan kemampuan manajemen dan SDM yang kelak bisa diabdikan kepada masyarakat dengan tetap menjunjung tinggi semangat persaudaraan.

    Ketua Panitia Dian Ariyanto ST menyatakan, Jumbara VI PMR PMI Kebumen itu diikuti seluruhnya oleh sekitar 1.400 peserta.  Terdiri dari 1.200 anggota PMR Madya dan Wira, serta fasilitator dan guru pembina PMR. Adapun sekolah yang mengirim peserta dari 38 unit PMR Madya serta 15 unit PMR Wira.

    Sementara itu, Jumbara PMR PMI Kebumen secara resmi ditutup Ketua PMI Drs Komper Wardopo MPd dihadiri Kepala Pelaksana BPBD Eko Widianto dan Kabid Tendik Dinas Dikpora Edy Sukamsi, serta para Ketua dan Pengurus PMI ranting se Kebumen, Minggu (27/3) siang. Sehabis upacara penutupan diserahkan penghargaan kepada kontingen yang meraih prestasi pada ajang lomba Jumbara tersebut.

    Ketua PMI Komper Wardopo mengapresiasi terhadap antusias segenap anggota PMR Madya dan Wira yang selama tiga hari dua malam mengikuti Jumbara.  Menurut dia, kegiatan lomba Jumbara kali ini antara lain kontingen tergiat, lomba buletin, traveling, pertolongan pertama (PP), memasang dragbar, speech contest, senam, pembuatan film, menanam pohon hingga lomba selfi. (has)  

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top