• Berita Terkini

    Saturday, March 19, 2016

    Dukung Adipura, TNI dan PNS Bersihkan Terminal

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Penghargaan Adipura tak kunjung mampir, membuat Pemkab Kebumen serius melakukan persiapan di tahun 2016 ini. Salah satunya, melalui kegiatan Jum'at bersih yang dilakukan di terminal Kebumen, kemarin (18/3/2016
    ). Kali ini, giliran para PNS sejumlah instansi melakukan bersih-bersih dengan sasaran rumput dan sampah kering.

    Selain para PNS, turut serta dalam kegiatan itu, dari unsur TNI sebanyak 22 personil dari Danramil 01/Kebumen Kodim 0709/Kebumen, Resimen Mahasisiswa (Menwa )20 orang,  Polri 20 personil. Adapun dari dinas instansi terkait, Dishub 15 orang , Satpol PP 15 orang, Kantor Lingkungan Hidup (KLH) 15 orang dan warga masyarakat terminal 30 orang.  Hadir juga dalam kegiatan tersebut Kepala KLH  Kebumen Ir  Mas Herunoto dan Kepala Terminal Bus Kebumeb Muhlisin S Sos .

    Danramil 01/Kebumen Kapten Inf Suyatno mengatakan, pihaknya akan terus mengupayakan terciptanya kebersihan di kebupaten berslogan beriman ini. Hal ini demi menyongsong penilaian adipura. Beberapa tempat akan terus dibersihkan secara berkala, meliputi jalan, saluran irigasi, lapangan, pasar dan terminal. Diharapkan pula masyarakat sadar akan pentinya kebersihan, dengan cara membuang sampah pada tempatnya. “Jika Kebumen bersih tentunya kesehatan dan keasrian juga akan terjaga dengan baik,” tuturnya.

    Dijelaskannya,  pembersihan terminal Kebumen membutuhkan waktu yang tidak sedikit, ini disebabkan area terminal yang begitu luas.  Namun jika terus dilakukan pembarsihan, bukan hal yang mustahil suatu nanti seluruh area terminal akan terlihat bersih dan sehat. “Terminal ini sangat luas, kita harus membersihkannya secara berkala,” katanya.

    Kepala terminal bus Kebumen Muhlisin S Sos mendukung penuh adanya upaya untuk menciptakan Kebumen bersih dalam rangka menyongsong Adipura. Dalam upaya pembersihan terminal, pemerintah Kabupaten Kebumen  dapat berkoordinasi dengan langung dengan Dinas Perhubungan dan terminal Kebumen.

    Lebih lanjut, Muhlisin mengatakan jika kebersihan lingkungan harus menjadi tanggungjawab semua pihak. Kebersihan lingkungan tidak mungkin akan terlaksana dengan optimal jika hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja,  tanpa ada dukungan dari masyarakat luas.

    Maka dari itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mengutamakan kebersihan. Minimal dengan selalu membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. “ Saya berterima kasih  kepada semua pihak yang sudah membantu membersihkan area lokasi terminal bus. Kedepan mudah-mudahan akan semakin banyak pihak yang peduli dengan kebersihan,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top