• Berita Terkini

    Wednesday, March 2, 2016

    Bupati dan Wabup Luncurkan Ambulan Gratis bagi Warga Miskin

    SUDARNO AHMAD/EKSPRES
    Call Center Ambulan Gratis 0287-383222
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Program layanan ambulan gratis bagi masyarakat miskin resmi diluncurkan oleh Bupati HM Yahya Fuad di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Kebumen, Rabu (2/3/2016).
     Program tersebut merupakan program unggulan seratus hari pertama kepemimpinan Bupati HM Yahya Fuad dan Wakil Bupati Yazid Mahfud.

    Pemkab Kebumen telah menyiagakan 45 mobil ambulan untuk melayani masyarakat miskin di Kabupaten Kebumen selama 24 jam non stop. Ambulan yang disiagakan terdiri dari 35 unit ambulan Puskesmas, delapan unit milik rumah sakit, masing-masing satu unit ambulan milik PMI dan Unit Pelayanan Terpadu Program Pengentasan Kemiskinan (UPT P2K). Semua ambulan tersebut pun telah dilengkapi dengan dengan GPS, sehingga dapat terpantau keberadaannya.

    Kepala Dinas Kesehatan Y Rini Kristiani, mengatakan semua layanan ambulan gratis tersebut dikendalikan oleh Dinas Kesehatan. Untuk layanan ini juga sudah disiapkan call center khusus, yaitu 0287-383222, yang akan beroperasi selama 24 jam non stop. Yang telah dilengkapi dengan perangkat hardware dan software yang terhubung dengan seluruh Puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Kebumen. "Kami siap menerima telpon dari masyarakat yang kemudian akan memerintahkan ambulan terdekat untuk memberikan layannannya," kata Rini Kristiani, kepada Kebumen Ekspres, usia launching.

    Nantinya, kata Rini, setelah ambulan menjemput masyarakat yang membutuhkan akan untuk dirujuk ke rumah sakit terdekat. "Layanan ini juga terhubung dengan ketersediaan TT (tempat tidur) rumah sakit," terangnya.

    Bupati HM Yahya Fuad, menegaskan program layanan ambulan gratis tersebut diperuntukan bagi masyarakat miskin di Kabupaten Kebumen. Ini untuk memberikan jaminan layanan kesehatan terhadap masyarakat.

    Layanan ini juga sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Pemkab Kebumen sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan dan pengurangan kemiskinan masyarakat Kebumen, tanpa khawatir dipungut biaya. "Layanan ini seratus persen gratis," tegas HM Yahya Fuad.

    Terkait dengan jumlah ambulan yang tersedia baru 45 unit, Yahya Fuad, menegaskan hal ini sebagai langkah awal. Pada tahun 2016 ini, Yahya Fuad menargetkan akan ada 60 unit ambulan gratis. "Kita akan kerahkan dari rumah sakit, pihak swasta, perbankan, hingga partai politik," tandasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top