• Berita Terkini

    Sunday, March 6, 2016

    Bantu Guru, PGRI Terbitkan Jurnal Begawan

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Untuk membantu para guru dalam menerbitkan karya Penelitian Tingkat Kelas (PTK) ke Jurnal, Persatuan Guru  Rebuplik Indonesia (PGRI) Kebumen membuat Jurnal Begawan. Jurnal Begawan adalah Jurnal Pendidikan PGRI Kebumen yang terbit empat bulan sekali.

    Wakil Ketua PGRI Kebumen Drs Eko Sajarwo yang juga pimpinan redaksi Jurnal Begawan mengatakan, salah satu syarat untuk menaikan pangkat guru dari golongan IV ke golongan IV b, guru PNS harus mempunyai 12 point. Dan harus menerbitkan salah satu karya PTKnya ke Jurnal. “Bagi guru di Kabupaten Kebumen yang PTKnya mau diterbitkan di jurnal Begawan dapat menghubungi PGRI dan tidak dipungut biaya,” tuturnya.

    Dijelaskannya, berdasarkan Peraturan Menpan Nomor 16 Tahun 2009 dan Permendikbud Nomor 35 tahun 2010 yang keduanya mengatur tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Maka berdasarkan kedua aturan tersebut kenaikan pangkat Guru mempersyaratkan adanya unsur publikasi ilmiah bagi guru yang akan naik pangkat mulai dari golongan III b ke III c.

    Khusus untuk kenaikan pangkat golongan IIIc ke III d mempersyaratkan adanya laporan  hasil  penelitian. “Sedangkan untuk kenaikan pangkat IVa ke IV b dan seterusnya selain adanya laporan hasil penelitian juga mempersyaratkan artikel dimuat di jurnal yang ber-ISSN (International Serial Data System) atau buku pendidikan yang ber-ISBN (International Standard Book Number),” katanya.

    Untuk dapat naik pangkat dari golongan dari IV a ke IV b lanjutnya, guru PNS memerlukan 12 poin, satu PTK mempunyai  nilai 4 point. Namun kendati guru tersebut membuat tiga PTK yang nilainya setara dengan 4 point tetap tidak bisa naik pangkat ke golongan IVb jika tidak satu pun PTK tersebut di terbitkan di Jurnal. Selain PTK guru juga dapat membuat karya tulis ilmiah, buku, modul. diklat, karya Inovasi, alat peraga dan lain sebagainya.

    Dijelaskannya, redaksi Jurnal Begawan juga menerima naskah dari berbagai kalangan pengajar untuk menyumbangkan naskah artikel ilmiah, baik berupa hasil penelitian maupun kajian konseptual. Naskah yang dimuat, adalah naskah asli dan belum pernah dipublikasikan ke media lain.  “Ini sudah berlangsung kurang lebih empat tahun,” ucapnya sembari menambahkan, jika  selama  ini penerbitan jurnal Begawan mencapai 900 eksemplar  tiga kali dalam setahun. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top