• Berita Terkini

    Sunday, March 27, 2016

    Angkat Pamor Batu Melalui Lomba Foto

    SUDARNO AHMAD/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 70 fotografer turut ambil bagian pada lomba foto bertajuk "Suiseki & Rock Painting Photography Contest 2016" yang digelar di Balai Kelurahan Kebumen Jalan Pemuda 31 dan Hotel Grand Putra, Sabtu (26/3/2016).

    Lomba fotografi cukup unik itu diikuti oleh fotografer amatir maupun profesional dari Kebumen, Purworejo, Magelang, Purwokerto, Cilacap dan sekitarnya. Lomba foto yang diselenggarakan Purba Art Stone tersebut didukung oleh Hotel Grand Putra dann memperebutkan total hadiah Rp 2,5 juta. Hebatnya lagi dalam event tersebut, peserta tidak dipungut biaya alias gratis.

    Event yang berlangsung mulai pukul 13.00 hingga pukuk 17.00 itu, panitia menghadirkan dua orang model yakni Priscil dan Riza Umami. Adapun tiga juri dalam event yang dihadirkan ialah Bagus Handoko, fotografer profesional asal Yogyakarta, praktisi batu suiseki Bambang Indrajeet dan jurnalis Ondo Supriyanto.

    Ketua Panitia Putut Agus mengatakan, lomba foto dibagi dalam dua lokasi yakni di Balai Kelurahan Kebumen dengan set batu suiseki dan biseki. Sedangkan di Hotel Gran Putra, dengan set rock painting.  "Melalui lomba foto ini, kami ingin ikut mengangkat trend batu suiseki maupun rock painting di Kebumen melalui media fotografi," ujar Putut Agus, didampingi panitia lain Pitra Suwita, disela-sela lomba.

    Pada event tersebut, dipilih tiga juara. Juara I mendapatkan trofi, piagam dan uang pembinaan Rp 1 juta. Juara II mendapatkan trofi, piagam dan uang pembinaan Rp 750.000. Sedangkan juara III meraih trofi, piagam dan uang pembinaan Rp 500.000.

    Salah satu juri, Bambang Indrajeet, mengatakan kriteria penilaian lomba foto itu tidak cuma mengacu pada faktor pengambilan gambar saja, tetapi juga aspek "rasa" dalam kaidah fotografi. "Kontes foto ini mengacu pada citarasa berbeda," ujarnya.

    Ajang kontes foto tersebut murni digelar atas prakarsa kalangan pecinta batuan Kebumen. Menurut Bambang Indrajeet yang selama ini aktif mempromosikan batuan Kebumen, upaya mengangkat potensi seni batuan Kebumen tak boleh berhenti setelah booming saja. "Acara ini justru mendapat support dari pengusaha nasional yang justru berdomisili di luar Kebumen,"imbuhnya.

    Tak hanya lomba foto, dalam rangkaian kegiatan itu, juga  digelar workshop lukis batu atau rock painting. Pada workshop ini tak hanya teori, peserta juga praktik melukis batu. Bahkan karya peserta workshop juga dilombakan. Selanjutnya pada Minggu (27/3) di Balai Kelurahan Kebumen digelar lomba mewarnai untuk tingkat TK KB PAUD dan SD.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top